PGN-Pelni-ASDP Sinergi Pemanfaatan Gas Bumi

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 03 Sep 2015 10:13 WIB
bumn
PGN-Pelni-ASDP Sinergi Pemanfaatan Gas Bumi
Ilustrasi -- FOTO: ANTARA/ERIC IRENG

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Pelni (Persero), dan PT ASDP (Persero) bersinergi dengan menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

MoU ini terkait tentang pemanfaatan gas bumi dalam rangka konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk transportasi laut di lingkungan PT Pelni dan PT ASDP.

"Kami laporkan kerja sama ini adalah tindak lanjut dari program kerja sama yang sebelumnya sudah dijalan antara PGN dan Dirjen Perhubungan Laut atas inisiatif yang sangat baik dalam mengadopsi peraturan international marine," kata Direktur Utama PGN Hendi Priyo Santoso, di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Hendi menjelaskan, peraturan yang diadopsi ini adalah untuk kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan yang menganut peraturan internasional marine yang mengatakan kadar polusinya harus beremisi rendah.

"Sehingga bilamana kita sudah konversi BBM ke BBG, kapal-kapal dapat dengan mudah berlabuh ke pelabuhan internasional lainnya," ujar dia.

Adapun dengan mengonversi BBM ke BBG ini bisa berdampak signifikan terhadap penurunan impor BBM. Hendi menyebutkan, saat ini belanja BBM Pelni berkisar 50 juta kiloliter (kl). Dengan konversi, diharapkan bisa menurunkan impor BBM.

"Kalau dihitung, belanja BBM 50 juta kl, setahun 600 juta kl. Ini akan memberikan keteladanan pada kapal yang berbendera Indonesia. Kita upayakan kemandirian energi. Sehingga program ini akan berdampak signifikan terhadap beban impor BBM," pungkas dia.


(AHL)