Assassination, Tragedi Operasi Pembunuhan demi Kemerdekaan Korea

Putu Radar Bahurekso    •    Kamis, 03 Sep 2015 10:24 WIB
film korea
Assassination, Tragedi Operasi Pembunuhan demi Kemerdekaan Korea
Film Assassination (Foto: kpopfighting.com)

Metrotvnews.com, Seoul: ​Assassination, film karya sutradara Choi Dong-Hoon ini bisa dikatakan menjadi film layar lebar tersukses di Korea Selatan pada tahun ini. Sudah lebih dari 12 juta masyarakat Korea Selatan yang menontonnya, dan kini film ini sudah tayang di Indonesia mulai awal September.

Film Assassination bercerita tentang upaya pembunuhan oleh kelompok pejuang kemerdekaan untuk membunuh seorang jenderal Jepang dan pengkhianat negara yang berlatar pada tahun 1930-an, saat perang kemerdekaan Korea dari Jepang.

Dalam film ini, Jun Ji Hyun menjadi tokoh utama dengan berperan sebagai Ahn Ok Yun yang merupakan seorang penembak jitu. Ahn Ok Yun adalah orang yang didaulat menjadi kapten dalam rencana pembunuhan ini dengan memimpin Song Ok (Cho Jin Woong) dan Duk Sam (Choi Duk Moon). Target operasi pembunuhan mereka bertiga adalah Mamoru Kawaguchi, Sang Jenderal Jepang, dan juga Kang In Gook yang merupakan seorang pebisnis dan antek Jepang.

Tim pembunuh ini direkrut oleh Yem Suk Jin (Lee Jung Jae) yang juga berperan sebagai mata-mata Jepang. Ada juga pembunuh bayaran berjuluk Hawaiian Pistol (Ha Jung Woo) yang kemudian membantu Ahn Ok Yun dalam misinya. Hawaiian Pistol dalam tugasnya selalu dibantu oleh sang asisten yang jenaka yakni Oh Dal Su.

Assassination adalah sebuah film yang menarik dan menyajikan sebuah cerita berlatar sejarah penuh aksi yang epik dan sesekali diselipkan humor di dalamnya. Selain itu juga terdapat cukup banyak plot yang tidak terduga.

Film ini berhasil menggambarkan sebuah cerita pembalasan dendam yang bertujuan merebut kemerdekaan. Dan sudah menjadi ciri khas film Asia yang dipenuhi unsur dramatisasi, namun hal tersebut justru mempermanis cerita film ini. Bisa dikatakan pada akhirnya film ini memang sangat layak ditonton.



(AWP)