AS Terbuka 2015

Meski Tampil Kurang Impresif, Nadal Tetap Lolos ke Babak Ketiga

Hilman Haris    •    Kamis, 03 Sep 2015 14:43 WIB
as terbuka
Meski Tampil Kurang Impresif, Nadal Tetap Lolos ke Babak Ketiga
Nadal lolos ke babak 16-besar AS Terbuka 2015, Rabu 3 September (CLIVE BRUNSKILL / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Metrotvnews.com, New York: Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal berhasil melaju ke babak ketiga (16-besar) AS Terbuka usai menumbangkan petenis Argentina, Diego Schwartzman dengan skor 7-6, 6-3, dan 7-5, Rabu 3 September. Hasil ini sekaligus meneruskan tren apik Nadal yang sudah meraih 22 kemenangan dari 23 laga terakhir yang dijalani di AS Terbuka.

"Saya merasa beruntung bisa melaju. Cuaca di sini sangat lembab. Pertandingan makin sulit karena  Schwartzman tampil agresif. Kunci laga ini adalah meraih kemenangan pada set pertama," ujar Nadal yang absen di AS Terbuka 2012 dan 2012 akibat cedera.

Walau menang, performa Nadal saat melawan Schwartzman tidak begitu impresif. Ia menciptakan 40 unforced error dan sempat kehilangan fokus pada set pertama. Buktinya, ia harus menang dengan tie break pada set pertama walau sempat unggul 5-2.

Set kedua dan ketiga juga tidak diawali Nadal dengan baik. Meski akhirnya menang, Nadal tertinggal 0-2 terlebih dahulu pada set kedua dan tertinggal 2-3 pada set pamungkas. Sederet catatan itu tentunya harus diperbaiki Nadal jika ingin menang di AS Terbuka sekaligus merebut gelar Grand Slam ke-15 sepanjang kariernya.

Nadal yang menempati unggulan kedelapan akan bertemu petenis asal Italia, Fabio Fognini di babak ketiga. Fognini bukan lawan mudah bagi Nadal. Bahkan, jawara AS Terbuka 2010 dan 2013 itu kalah dari Fognini saat bersua di Rio dan Barcelona pada awal 2015. (ATP World Tour)


(HIL)