Ajukan 5 Syarat, PKL Dayang Sumbi Siap Direlokasi

Roni Kurniawan    •    Jumat, 04 Sep 2015 13:49 WIB
pkl
Ajukan 5 Syarat, PKL Dayang Sumbi Siap Direlokasi
Dede Muan, Wakil Ketua Paguyuban PKL Sarasa Dayang Sumbi, Kota Bandung, Jawa Barat. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Dayang Sumbi, Jalan Taman Sari, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat mengaku siap direlokasi ke halaman parkir atas Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) di kompleks Institut Teknologi Bandung.

Namun, para pedagang mengajukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi Pemkot Bandung sebelum mereka menempati tempat baru itu.

"Setelah pertemuan Kamis (3/9/2015), kita berembug sama teman-teman lain dan kita menyatakan siap untuk direlokasi. Tapi dengan syarat yang telah kita ajukan ke Pemkot," ujar Dede Mu'an, 45, selaku Wakil Ketua Paguyuban PKL Sarasa Dayang Sumbi saat ditemui di lokasi, Jumat (4/9/2015).

Menurutnya, sebelum persyaratan tersebut terpenuhi, ia dan rekan-rekannya enggan pindah ke tempat usaha baru tersebut. Pasalnya, jika pihak Pemkot Bandung hanya menyediakan lahan saja untuk berjualan, Dede merasa keberatan. Karena ia tidak memiliki biaya untuk membangun tempat baru usahanya tersebut.

"Kalau hanya lahannya saja, jelas kita tidak mau. Karena untuk membangun kios itu cukup besar juga biayanya," tutur pria yang memiliki kios tempat makan itu.

Diakui Dede, kesepakatan yang telah ia tanda tangani sebagai perwakilan dari para PKL Dayang Sumbi bukan merupakan kesepakatan secara menyeluruh. Menurutnya, kesepakatan itu hanya sebagai tanda mengetahui akan diadakannya relokasi. Namun untuk teknis secara detailnya, Dede mengaku masih melakukan perencanaan yang akan dipadukan baik usulan dari Pemkot Bandung maupun dari para PKL Dayang Sumbi.

"Kemarin, saya tanda tangani itu hanya mengetahui bahwa kita akan direlokasi, bukan berarti menyetujui keseluruhan. Karena secara teknisnya belum diputuskan mau gimana-gimana-nya. Memang Pak Wali (Ridwan Kamil) sudah membuat denahnya secara kasar, tapi kami juga mengusulkan untuk tempat usaha kita nanti di sana," imbuhnya.

Berikut persyaratan yang diajukan PKL Dayang Sumbi kepada Pemkot Bandung:

1. PKL Dayang Sumbi tidak akan pindah dan berhenti berjualan selama pembangunan relokasi belum selesai sesuai yang dijanjikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, yakni bangunan dua lantai.

2. Tidak ada pedagang lain selain PKL Dayang Sumbi di tempat relokasi, baik di dalam ataupun di luar area parkir.

3. Kompensasi atau pembayaran kerugian atas pembongkaran kios yang dilakukan secara paksa pada tahun 2012.

4. Tempat relokasi di dekat pintu masuk utama, dibangunkan mushala, gudang, dan koperasi di tempat relokasi dan tersedianya pasokan air dan listrik.

5. Adanya legalitas, yaitu perjanjian hitam di atas putih terkait relokasi tersebut.


(SAN)