Menko Darmin: Tiongkok & Jepang Tidak Tertarik Bangun Kereta di Luar Jawa

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 04 Sep 2015 16:14 WIB
kereta cepat
Menko Darmin: Tiongkok & Jepang Tidak Tertarik Bangun Kereta di Luar Jawa
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, Tiongkok dan Jepang hanya tertarik untuk membangun kereta cepat di pulau Jawa saja. Tentu ini disayangkan mengingat kebutuhan infrastruktur kereta juga dibutuhkan di Sumatera dan Kalimantan.

"Tidak tertarik mereka (Tiongkok maupun Jepang) kalau di sana (di luar Pulau Jawa)," jelas Darmin, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/9/2015).

Ia menjelaskan, khusus untuk pembangunan kereta api di luar Pulau Jawa akan menjadi tanggung jawab pemerintah. Dengan kata lain, pembangunannya akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Akan tetapi, masih kata Darmin, khusus untuk pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung memang harus menggunakan mekanisme business to business (B to B), sehingga terlepas dari dana APBN langsung ataupun tidak langsung.

"Kalau di sana nanti urusan APBN. Sementara yang Jakarta-Bandung tetap B to B. Pmerintah tidak akan melibatkan APBN langsung ataupun tidak," pungkas dia.


(ABD)