Sabam Sirait Bangga Dapat Penghargaan Mahaputra Utama

Arga sumantri    •    Minggu, 06 Sep 2015 14:52 WIB
Sabam Sirait Bangga Dapat Penghargaan Mahaputra Utama
Politikus senior PDIP Sabam Sirait menunjukkan penghargaan Bintang Mahaputera Utama kepada wartawan,--Foto: MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Tokoh politik senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait mendapat gelar penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Dia menyatakan punya rasa sedikit bangga atas penghargaan yang disematkan pada dirinya.

"Ada sedikit kebanggaan lah. Tapi yang saya pikir, tanpa penghargaan itu juga saya tetap jadi warga negara. Saya akan bertahan jadi warga negara Indonesia sampai ujung bumi," kata Sabam di Gedung YKI, Matraman, Jakarta Timur, Minggu (6/9/2015).

Bagi Sabam, penghargaan bintang Mahaputra Utama itu bukan satu-satunya tujuan dia berkiprah dalam perpolitikan tanah air selama ini. Dia mengajak warga lainnya, untuk terus mencintai bangsa Indonesia tanpa tanda jasa.

"Penghargaan ini bukan buat saya saja. Semua orang kita mencintai Indonesia dan bekerja keras untuk Indonesia, bukan untuk Mahaputera saja," terang mantan anggota DPR RI itu.

Selain Sabam Sirait, tercatat ada 17 nama lain yang menerima Bintang Mahaputra Utama. Di antaranya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif, filusuf dan budayawan Franz Magnis Suseno, pengembang budaya moderat yang juga mantan Rektor IAIN Jakarta Harun Nasution, dan mantan Rois Am PBNU KH Mustofa Bisri yang akrap disapa Gus Mus.

Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan disebutkan, tujuan untuk tanda kehormatan ini adalah, untuk memberi kehormatan tinggi kepada mereka yang berjasa luar biasa demi keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan bangsa dan negara.
(MBM)