Pilkada Surabaya 2015

Kubu Risma-Whisnu Sambut Baik KPU Izinkan Rasiyo kembali Mendaftar

Amaluddin    •    Minggu, 06 Sep 2015 17:56 WIB
pilkada serentak
Kubu Risma-Whisnu Sambut Baik KPU Izinkan Rasiyo kembali Mendaftar
Risma dan Whisnu mendaftar ke KPU untuk mengikuti Pilkada Surabaya pada Desember 2015, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), menyambut baik keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya soal sengketa Pilkada Surabaya yang ditangani oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Surabaya. Hasil sengketa memutuskan Partai Demokrat dan PAN dapat kembali mengusung Rasiyo sebagai calon kepala daerah Surabaya.

"KPU mengacu pada Surat Edaran KPU nomor 433 Tahun 2015, yang dikeluarkan 3 Agustus lalu dalam memutuskan hasil sengketa Pilkada Surabaya kemarin malam itu (Minggu malam)," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, Minggu (6/9/2015).

Menurut Adi, surat edaran itu didesain KPU untuk menangani masalah calon tunggal. Adi menilai putusan itu sudah final dan sesuai dengan UU 2/2015 tentang Pilkada dan Peraturan Bawaslu RI 8/2015 yang berbunyi keputusan musyawaarah mufakat untuk penyelesaian sengketa Pilkada bersifat final dan mengikat bagi pihak-pihak terkait, termasuk KPU. 

Adi menilai sikap KPU Kota Surabaya telah tepat dalam melanjutkan proses tahapan pilkadanya, pasalnya mereka telah memastikan bahwa akan membuka pendaftaran lagi tanggal 8 hingga 10 September. 

"Dengan begitu, tinggal melaksanakan pendaftaran baru," katanya.

"Penyelesaian sengketa Pilkada oleh Panwaslu kemarin malam mempunyai kepastian hukum yang kuat, kokoh, dan tak tergoyahkan," tandasnya.

PDI Perjuangan merupakan partai yang mendukung kandidat petahana Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana dalam Pilkada Surabaya 2015.


(RRN)