Ahok: Empat Pulau di Kepulauan Seribu Hilang karena Alam

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 07 Sep 2015 13:32 WIB
reklamasi
Ahok: Empat Pulau di Kepulauan Seribu Hilang karena Alam
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahja Purnama membantah empat pulau di Kepulauan Seribu tenggelam akibat pembangunan dan reklamasi. Ahok bilang, pulau itu tenggelam karena kondisi alam.
 
"Pulau di sana hilang itu karena sudah lama tenggelam. Jadi, pas air laut pasang, pulau (dataran rendah) tenggelam," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (7/9/2015).
 
Mantan bupati Belitung Timur itu menjelaskan, pulau tersebut hilang karena memang ada kenaikan air laut. Sehingga, mau tidak mau beberapa daratan yang ada di sejumlah pulau terendam.
 
"Enggak ada hubungannya (pulau hilang) sama reklamasi. Pulau hilang karena muka laut naik dan dataran pulau mengalami penurunan. Makanya kami reklamasi Kepulauan Seribu, biar ada pulau lagi," aku dia.
 
Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) melaporkan empat pulau di sekitar Pulau Pari, Kepulauan Seribu hilang. Walhi menilai hilangnya ke empat pulau itu disebabkan oleh pembangunan tanggul raksasa (giant sea wall).


(FZN)