KUR Jadi Program Prioritas di Tahun Depan

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Sep 2015 17:16 WIB
kur
KUR Jadi Program Prioritas di Tahun Depan
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: ANTARA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan menjadi program prioritas pemerintah di tahun depan.

Program KUR ini nantinya, tutur Darmin, akan mendorong pembiayaan pelaku usaha sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dalam menjalankan program ini, pemerintah akan melibatkan koordinasi strategis dengan Bank Indonesia beserta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"KUR akan menjadi program yang besar, dan akan melibatkan koordinasi strategis dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan," kata Darmin saat rapat dengan Badan Anggaran, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Karena ini menjadi program prioritas, Darmin mengungkapkan pertumbuhan UMKM diharapkan mampu menopang pemerataan pendapatan masyarakat, dan memperkuat stabilitas perekonomian domestik.

Darmin menjelaskan, pada 2015 ini, pemerintah sebelumnya menyatakan telah mengurangi bunga KUR dari 22 persen menjadi 12 persen. Pada 2016, pemerintah manargetkan dapat kembali memotong bunga KUR hingga hanya sembilan persen.

Penurunan suku bunga KUR ini dilakukan dengan peningkatan pemberian subsidi oleh pemerintah kepada Bank pelaksana pemberi KUR. Pemerintah juga menaikkan anggaran subsidi KUR pada 2015 dari Rp400 miliar menjadi Rp1 triliun.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan tahun depan pihaknya siap memangkas bunga KUR hingga sembulan persen demi mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Tahun depan rencananya bunganya diturunkan sembilan persen dengan sediakan subsidi di APBN dengan harapan outstanding PDB Rp 120 triliun. Tahun ini 12 perseb dengan outstanding Rp 90 teriliun," kata Bambang.


(AHL)