Rp 47 T untuk Dana Desa 2016, DPD Apresiasi Pemerintah

Anggitondi Martaon    •    Senin, 07 Sep 2015 20:17 WIB
dpddana desadpd ads
Rp 47 T untuk Dana Desa 2016, DPD Apresiasi Pemerintah
Rapat kerja Tim Anggaran DPD dengan Kemenkeu dan Bappenas. (foto: Sekjen DPD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan memperkirakan nilai dana desa untuk 2016 tidak kurang dari Rp 47 trilyun. Lonjakan yang signifikan ini karena jumlah desa ternyata bertambah seiring dengan pemekaran wilayah di beerbagai daerah.

"Tercatat ada 661 desa yang melakukan pemekaran hingga saat ini. Karena akan dapat dana desa, dan anggaran dana desa tahun 2016 sudah cukup besar yaitu Rp. 47 trilyun," ungkap Wakil Menkeu Mardiasmo.

Ini disampaikannya dalam rapat kerja bersama Tim Anggaran DPD RI dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2015). Rapat dipimpin oleh pimpinan Komite IV DPD RI Ajiep Padindang. 

Mardiasmo meyakinkan akan mengupayakan agar Dana Desa dapat tersalur dan dirasakan langsung manfaatnya masyarakat desa. Termasuk di antaranya dengan memastikan bahwa pencatatan yang akuntabel tentang data desa untuk menjadi acuan dalam pengawasan penggunaannya di lapangan.

Pihak DPD RI mengapresiasi peningkatan ‎dana Transfer Daerah dan Desa sebagai perwujudan tata kelola otonomi daerah. Artinya kepentingan percepatan pembangunan daerah makin mendapat prioritas dan pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Disinggung bahwa hingga pertengahan 2015 serapan anggaran kementerian, lembaga dan pemda memang tergolong rendah. Walau demikian ‎Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yakin pada akhir tahun ini serapan anggaran akan tercapai hingga 90 persen.

Dana transfer daerah dan dana desa dalam RAPBN sebesar Rp 782,2 triliun, lebih besar dibanding dengan belanja kementerian dan lembaga sebesar Rp 780,4 triliun. Senator dari Sulawesi Selatan ini mengharapkan pemerintah dapat mengoptimalkan kebijakan pembangunan nasional dan daerah melalui Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang)

"Sehingga prioritas pembangunan sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan daerah," tegasnya.




(LHE)