eFishery Mendapatkan Dana dari Aqua-spark dan Ideosource

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 08 Sep 2015 18:07 WIB
startup
eFishery Mendapatkan Dana dari Aqua-spark dan Ideosource
Tampilan muka situs eFishery.

Metrotvnews.com: Pada hari ini, Selasa (8/9/2015), eFishery, perusahaan pembuat smart fish feeder alias pemberi pakan pintar, mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan dana investasi pra-seri A dari Aqua-spark, perusahaan dana investasi asal Belanda dan juga Ideosource, modal ventura asal Indonesia.

Meski enggan untuk menyebutkan berapa tepatnya dana investasi yang diberikan, tetapi pihak eFishery menjelaskan bahwa dana yang mereka dapatkan akan mereka gunakan untuk proses perekrutan dan juga mengembangkan jaringan distribusi eFishery ke skala nasional.

Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy, Co-Founder dan CEO eFishery menyebutkan, saat menjadi peternak ikan, salah satu masalah yang sering dia temui adalah masalah efisiensi pemberian pakan. Karena jika memberik pakan terlalu banyak juga akan memberikan dampak negatif pada lingkungan.

"Kami ingin membuat bisnis peternakan ikan dan udang menjadi lebih efisien dan memiliki akuntabilitas," kata Gibran.

eFishery menggunakan sensor yang akan mengukur nafsu makan ikan. Setelah itu, ia akan memberikan pakan sesuai dalam jumlah yang tepat. Pihak eFishery menyebutkan, solusi yang mereka tawarkan dapat digunakan baik oleh peternak skala kecil maupun besar. 

"Bersama eFishery, kami ingin memecahkan tantangan global mengenai pemberian pakan di peternakan ikan dan udang," kata Amy Novogratz, Partner di Aqua-spark.

Pihak eFishery menjelaskan, selama 2 tahun, mereka telah berhasil menjual ratusan unit pemberi pakan. Saat ini, mereka sedang melakukan diskusi dengan 17.000 peternak ikan dan udang untuk menjadikan mereka sebagai klien. Sebagian dari mereka berasal dari Thailand, Singapura, India, Tiongkok, Brazil dan negara-negara di Afrika.


(ABE)