Trik Menangani Si Kecil yang Manja

   •    Rabu, 09 Sep 2015 14:16 WIB
keluarga
Trik Menangani Si Kecil yang Manja
Menangani anak manja dengan cara yang benar. (foto:newsfeed.time.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengasuh anak memang gampang-gampang susah. Apalagi bila buah hati Anda termasuk anak yang manja. Anak-anak yang manja biasanya dikaitkan dengan sikapnya yang egois. Nah, meskipun Anda tidak suka perilaku anak Anda, coba lihat lebih dalam bahwa anak manja tidak lain hasil dari kegelisahan.

Karena sikap dan sifatnya yang keras, Anda membutuhkan trik khusus untuk menangani anak yang manja, dan berikut di antaranya.

1. Cobalah untuk mendengarkannya
Anak yang mengamuk itu cenderung ingin diperhatikan. Dia sedang mencoba mengatakan sesuatu dan berharap Anda mendengarkan atau memberikan perhatian padanya. Jangan pernah mengabaikan si kecil, karena bisa jadi amukannya akan semakin sering.

2. Jangan bereaksi
Berteriak atau menampar anak alih-alih membuatnya merasa tenang malah akan memperburuk situasi Anda berdua. Buah hati Anda pasti akan menangis semakin keras dan kencang.

3. Sabar
Kesabaran merupakan trik jitu untuk menangani sifat kerasnya si kecil. Cobalah alihkan perhatian anak Anda ke sesuatu yang lain. Seperti misalnya menawarkan ia permen atau cokelat. Namun ingat, jangan jadikan ini suatu kebiasaan.

4. Berikan saran dan motivasi
Setelah amukan anak Anda mereda, coba jelaskan bahwa perilaku tersebut sangat buruk. Katakan padanya bahwa akan ada konsekuensi untuk perilaku seperti itu. Dan secara sosial tidak dapat diterima oleh masyarakat. Artinya Anda menakut-nakuti si kecil bila berbuat seperti itu lagi, dia tidak akan punya teman. (Sumarni/Boldsky)


(LOV)