UMKM Dalam Negeri Diyakini Mampu Hadapi Perlambatan Ekonomi

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 10 Sep 2015 16:51 WIB
umkm
UMKM Dalam Negeri Diyakini Mampu Hadapi Perlambatan Ekonomi
UMKM.MTVN/Eko Nordiansyah

Metrotvnews.com, Bukittinggi: Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan Srie Agustina meyakini, usaha mikro kecil menengah (UMKM) masih mampu bertahan di tengah lesunya perekonomian global yang teejadi saat ini.

"Saya yakin usaha sektor mikro kecil dan menengah dapat menghadapi kondisi perekonomian yang saat ini  kurang menggembirakan," tutur Srie di Lapangan Wirabraja, Bukittinggi, Kamis (10/9/2015).

Keyakinan tersebut bukan tanpa dasar. Pasalnya, saat krisis melanda Indonesia pada 1997-1998 dan 2008 lalu usaha mikro kecil tetap dapat bertahan dan menjadi bumper pengaman perekonomian nasional.

"Kemandirian, kreativitas, dan daya juang UMKM yang luar biasa, membuat perekonomian domestik tetap bergerak maju. UMKM juga merupakan pilar penggerak ekonomi nasional. Saya yakin setiap kesulitan di situ ada peluang," jelas dia.

Untuk itu, perekonomian nasional perlu terus dibangun dengan melibatkan rakyat atau perekonomian yang prorakyat, yaitu dengan meningkatkan produktivitas rakyat dan menggerakkan sektor strategis. 

"Presiden juga menegaskan ini saatnya ekonomi kita berorientasi ekonomi produktif, yang selalu diartikulasikan dengan kerja, kerja, dan kerja," pungkasnya.



(SAW)