Cek Nama DPS Bisa Lewat Online

Damar Iradat    •    Jumat, 11 Sep 2015 08:24 WIB
pilkada serentak
Cek Nama DPS Bisa Lewat Online
Ketua KPU Husni Kamil Manik--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum membuat terobosan baru terkait transparansi penyusunan daftar pemilih. Daftar Pemilih Sementara (DPS) kini bisa dilihat secara online.

"KPU juga umumkan DPS secara online melalui portal KPU. Para pemilih bisa mengecek di http://data.kpu.go.id/dps2015.php.," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2015).

Nantinya petugas di lapangan, kata Husni, akan mensosialisasikan situs ini. Dengan adanya situs ini masyarakat diharapkan bisa secara mandiri mengecek nama mereka.

"KPU berharap, dengan DPS online bisa beri kemudahan pemilih yang tidak memiliki waktu untuk memeriksa namanya di kantor lurah," ungkapnya.

Kehadiran situs ini merupakan ikhtiar dari KPU, agar menjadi upaya dalam mengawal dan bisa memanfaatkan sambutan positif masyarakat. Partai politik juga diharapkan mencermati hal ini supaya mengetahui konstuennya sudah terdaftar atau belum.

"Sehingga, pada pemungutan suara, semua pemilih yang berhak memilih terdaftar dan data yang tersaji lebih akurat, terkini, dan komprehensif," lanjut  Husni.

Diketahui, dari 305 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak, KPU baru memperoleh 283 berita acara. Masih terdapat 22 kabupaten/kota yang sampai Kamis, 10 September pukul 12.00 WIB belum menyerahkan berita acara penetapan DPS kepada KPU.

Tercatat sebanyak 97.408.604 pemilih, rinciannya, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 48.800.967 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 48.607.637 pemilih yang telah ditetapkan sebagai DPS oleh KPU dari 283 kabupaten/kota.


(REN)