Dalam Sebulan Ada 120 Naskah Pidato buat Ahok

Intan fauzi    •    Jumat, 11 Sep 2015 15:41 WIB
ahok-dprd
Dalam Sebulan Ada 120 Naskah Pidato buat Ahok
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/Akbar Nugroho)

Metrotvnews.com, Jakarta: Naskah pidato Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama yang dibuat biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) mencapai 120 naskah dalam sebulan. Naskah itu dibuat Pekerja Harian Lepas (PHL) yang digaji Rp2,7 juta per bulan.
 
Kepala Biro KDh dan KLN Muhammad Mawardi mengatakan, PNS pemprov belum punya kemampuan menyusun naskah pidato. "Kita kekurangan SDM (sumber daya manusia), makanya menyewa orang (phl), kontrak perseorangan yang miliki kemampuan untuk itu," kata Mawardi kepada Metrotvnews.com di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/9/2015).
 
Menurut Mawardi, kesulitan paling berat saat menyusun naskah pidato adalah kemampuan menulis. Menghimpun data juga bukan pekerjaan ringan. "Mungkin kalau yang sudah biasa (menulis) tidak berat. Kami juga harus menghimpun data, kadang-kadang bahan itu lama diperolehnya," kata Mawardi.
 
Ia mengungkapkan, banyak naskah pidato yang dibuat tergantung acara atau surat undangan yang masuk ke meja gubernur. "Sambutan sebulan bisa 100 sampai 120 naskah, tergantung kegiatan. Kalau untuk gubernur (Ahok) biasanya hanya pointer-pointer, karena (gubernur) lebih suka mengembangkan, tapi untuk diwakilkan, kami buat keseluruhan," katanya.
 
Terkait ancaman DPRD DKI dari Fraksi Gerindra yang menyatakan akan menghapus anggaran naskah pidato. Mawardi mengaku pasrah. "Kalau dihapus itu memang kewenangan DPRD, kami hanya mengikuti," ujar Mawardi.


(FZN)