Dekan UNY: Saat Ijazah Diberikan, Ica Sudah Pingsan

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 11 Sep 2015 15:58 WIB
pendidikan
Dekan UNY: Saat Ijazah Diberikan, Ica Sudah Pingsan
Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Hartono (kiri) saat menyerahkan ijazah pada Futicha Sirrulhayati Muna (22), Sabtu (28/8/2015) lalu. (Dok. UNY)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Hartono mengaku sangat kehilangan Futicha Sirrulhayati Muna (22) atau Ica yang meninggal beberapa jam usai wisuda.

"Ica itu mahasiswa yang aktif. Sering diajak penelitian sama dosen," kenang Hartono saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/9/2015).

Hartono tak menyangka kalau usia Ica begitu pendek. Dia mengaku terakhir kali memperoleh kabar Ica beberapa bulan lalu. Saat itu, ia tahu kalau Ica sedang sakit.

Di kampus, ia melanjutkan, Ica sempat mengalami sesak nafas. "Tapi pas yudisium bulan Juli, tampak sehat. Lalu, menjelang wisuda terlihat sakit," jelasnya.

Hartono mengaku dapat kabar itu dari panitia wisuda. Dia mendapat pesan tentang adanya peserta wisuda dengan kursi roda. Prosesi wisuda mahasiswa itu dilakukan pada akhir acara. Hartono tahu itu Ica ketika hendak memberikan ijazah.

"Saat saya berikan ijazahnya, (Ica) kondisinya sudah pingsan," kata Hartono. Menurutnya, Ica sengaja diberikan waktu terakhir agar memperoleh waktu istirahat di tempat khusus yang disediakan panitia.

Hartono mengaku senang sekaligus kasihan melihat Ica dan keluarganya atas kejadian tersebut. "Detik-detik akhir tidak merasakan. Mungkin karena itu keluarganya meminta Ica ikut wisuda," ucapnya.

Ica merupakan mahasiswi Prodi Biologi UNY yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 30 Agustus 1993. Ia lulus menyandang predikat cumlaude dengan IPK 3,65. Adapun skripsi yang berhasil dirampungkan berjudul Uji Kemampuan Isolat Bakteri Termofilik Asal Kali Gendol Atas Pasca Erupsi Merapi dalam Mereduksi Logam Berat Cu (Tembaga).


(SAN)