Review Notebook

ASUS X205TA, Salah Satu Laptop Murah Terbaik

Mohammad Mamduh    •    Senin, 14 Sep 2015 20:55 WIB
review laptop
ASUS X205TA, Salah Satu Laptop Murah Terbaik
Noebook ringkas ASUS X205TA. MTVN/MAMDUH

Metrotvnews.com, Jakarta: ASUS merupakan salah satu produsen notebook yang cukup diperhitungkan. Selain memiliki varian produk dengan kelas pasar yang cukup luas, kualitas produknya juga tidak sembarangan.

Salah satu notebook terbaru dari mereka yang datang ke meja pengujian kami adalah ASUS X205TA. Ini adalah notebook dengan harga kelas menengah, yang diklaim menjadi duet tepat untuk para pekerja dengan mobilitas tinggi. Apakah klaim ini benar?


Desain

Ketika melihatnya pertama kali, saya langsung mengira bahwa ASUS X205TA adalah ultrabook. Dimensinya secara keseluruhan memang hampir menyerupai jajaran notebook tipis, yang biasanya dibanderol mulai dari Rp7 juta. Namun, ASUS X205TA sebenarnya termasuk ke dalam rumpun EeeBook, yang dirancang mungil, tetapi spesifikasinya cocok untuk pekerja mobile. Ukurannya yang lumayan ramping ini semakin elegan dengan balutan warna emas.


Saya semakin tertarik dengan notebook ini setelah memegangnya. Bobotnya memang tergolong ringan, sekitar 900 gram. Perbedaan berat antara 1 kg dan di bawahnya akan terasa ketika seseorang pertama kali menyentuh notebook baru.

ASUS X205TA menggunakan layar berukuran 11,6 inci, tidak heran jika notebook ini cukup ringkas dan menghemat ruang ketika dimasukkan ke dalam ransel.



Berhubung notebook ringkas, ASUS X205TA tidak menyediakan antarmuka yang cukup banyak. Nobeook ini menyediakan dua port USB 2.0, satu port Micro HDMI untuk proyeksi visual, satu slot Micro SD, dan jack audio 3,5 inci. Mereka juga menyediakan port adapter untuk mengisi baterai, dan ASUS menggunakan antamuka adapter yang berbeda, walau secara sekilas bentuknya mirip dengan Micro USB. Pada bagian bawah, Anda akan melihat dua speaker terpisah dengan posisi yang lumayan strategis.



Satu hal yang tidak bisa saya lupakan adalah desain keyboard yang sama persis dengan keyboard milik Apple pada Macbook atau Mac.
 

Performa & Baterai

ASUS X205TA adalah EeeBook yang menggunakan prosesor Intel Z3735 @1.33 GHz quad-core. Prosesor tersebut menggunakan codename Bay Trail-T, dengan fabrikasi 22 nm. Konsumsi daya yang dirancang pada kecepatan standar adalah 2,2W. Oleh karena itu, notebook ini juga salah satu produk yang hemat daya.


ASUS mengklaim X205TA sanggup bekerja hingga 12 jam tanpa henti, sementara hasil pengujian kami membuktikan bahwa klaim ini hampir tepat.

Sebenarnya, salah satu faktor utama ASUS X205TA irit daya selain dari prosesor yang digunakan adalah ruang penyimpanan internal yang tidak menggunakan HDD atau SSD. Notebook ini menyediakan memori internal berupa eMMC 64 GB, yang bisa diperluas dengan slot Micro SD. Kelebihan berikutnya, ASUS X205TA tidak menggunakan pendingin kipas sampai pagi, tetapi panas yang dihasilkan tidak berlebihan.



Untuk kebutuhan kantoran seperti menyimpan file dokumen atau sejenisnya, kapasitas ini sudah sangat cukup, bahkan masih bisa ditambah dengan puluhan lagu dan beberapa film. RAM DDR3 yang digunakan juga tidak sama dengan DDR3 versi standar, yang mempunyai tegangan rendah untuk pengoperasiannya.



Fokus pasar ASUS X205TA adalah para pekerja mobile yang menginginkan notebook ringan dan sanggup mengerjakan kebutuhan kantoran. Wartawan adalah salah satu dari mereka, dan saya akui bahwa ASUS X205TA sangat nyaman ketika saya memakainya setiap kali liputan. 

Oleh karena itu, jangan mengharapkan bahwa notebook ini bisa menjalankan game berat. Di sisi lain, game kelas ringan masih bisa ditopang prosesor dan GPU Intel HD Graphics.

ASUS X205TA sudah menyematkan sistem operasi Windows 8.1, yang dapat diperbarui gratis ke Windows 10. Office 365 dengan masa berlangganan selama satu tahun juga telah tersedia. Pengguna hanya perlu memasang beberapa aplikasi pelengkap yang dianggap penting.

Dari segi fisik, notebook ini menyediakan touchpad yang yang lumayan besar, sehingga gerak jari pengguna ketika menggeser kursor cukup luas.

Fitur istimewa dari touchpad ini adalah Smart Gesture, yang menghadirkan berbagai fungsi tambahan ketika pengguna menggunakan dua jari. Anda bisa memperbesar atau zoom sebuah halaman ketika browsing, dengan menggerakkan dua jari kea rah yang berlawanan. Anda juga bisa menggeser halaman ke bawah atau ke atas dengan menggerakkan kedua jari ke arah yang sesuai.

 

Kesimpulan

ASUS X205TA adalah salah satu notebook ringkas yang tepat untuk mereka, para pekerja mobile atau pelajar dan mahasiswa yang menginginkan notebook dengan desain premium dan spesifikasi yang mencukupi. Fokus untuk kebutuhan kantoran, ASUS X205TA bisa menjadi duet wartawan yang harus selalu update dalam memberikan berita terkini.

Harganya memang cukup mahal jika melihat spesifikasi secara lengkap dan membandingkannya dengan varian produk lain. 
 
 
  ASUS X205TA
Ukuran Layar 11,6-inci
Prosesor Intel Atom Z3735F @1,33GHz
GPU Intel HD Graphics Family
RAM 2 GB
Penyimpanan eMMC 64 GB
Bobot 900 gram
Paket Penjualan Adapter, Manual, Setup Instruction, Warranty Card.
Harga Rp4.099.000
 

ASUS X205TA

 

8,3

  • Desain tipis, ringan, dan premium di kelasnya
  • Baterai tahan lama
  • Performa mencukupi
  • Minim antarmuka



(ABE)