PNS DKI Dipecat Gara-gara Sekolah Tanpa Izin

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 15 Sep 2015 18:54 WIB
pns
PNS DKI Dipecat Gara-gara Sekolah Tanpa Izin
PNS DKI Jakarta. (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta:  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui memecat sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang sedang melanjutkan pendidikan. Mereka dituding tidak mengajukan izin dan dianggap bolos hingga 46 hari. Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Agus Suardika mengatakan, ada PNS yang tidak masuk kerja hingga 46 hari.

"Ada yang tugas belajar, mereka tidak lapor. Dia tidak masuk kerja tanpa izin selama 46 hari. Itu pelanggaran berat. Dia diberhentikan karena kami lihat tidak ada izin. Tapi dia mengaku sudah izin. Kami periksa," kata Agus di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (15/9/2015).
 
PNS DKI Jakarta yang merasa dirugikan dengan pemecatan berhak mengajukan banding. Khususnya PNS yang izin belajar, tapi dianggap tidak masuk kerja tanpa izin.

"Ada banyak yang banding. Mereka bisa banding ke Badan Kepegawaian Negara. Sekarang masih ada 2 atau 3 orang. Proses banding selalu ada. Kalau dia menang dikembalikan lagi status pegawainya," katanya.
 
Agus mengaku, tidak hafal jumlah PNS yang izin melanjutkan pendidikan terkena pecat. Ia berjanji akan menginventarisasi nama-nama dan jumlah pegawai yang sudah dipecat. Apakah sudah sesuai dengan prosedur atau tidak.
 
Sebelumnya, Inspektorat DKI Jakarta Larso Marbun mengatakan, pihaknya sudah melakukan demosi terhadap 2.500 pegawai dan 120 PNS dipecat


(FZN)