JK Minta Pelaku Pembakaran Hutan Dibui

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 15 Sep 2015 20:31 WIB
asap
JK Minta Pelaku Pembakaran Hutan Dibui
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan pemerintah bakal menindak tegas pelaku pembakaran lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap yang terjadi di beberapa titik di Indonesia, utamanya Sumatera.

"Siapa saja yg menyebabkan itu apakah perusahaan atau perorangan pasti pemeirntah akan tindak lebih keras lagi," kata JK di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015).

Menurut dia, sanksi yang diberikan jika terbukti nantinya selain harus membayar ganti rugi akibat dampak yang ditimbulkan, juga yang terberat yakni dijebloskan ke dalam bui. Namun demikian, hingga kini dirinya mengaku belum mendapat laporan terkait adanya oknum yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan.

"Belum tahu, baru besok kita laporkan di sidang kabinet terbatas," ujar JK.

Lebih jauh JK mengatakan, kabut asap ini tak bisa dikatakan sebagai bencana nasional. Semua kondisi bencana yang terjadi menurutnya tak ada bedanya dan tak bisa dikategorikan apakah masuk sebagai bencana daerah ataupun bencana nasional.

Ia menambahkan, hari ini pun telah mendapatkan laporan dari gubernur Jambi dan Riau terkait kondisi di sana yang bisa dibilang bisa diminimalisir akibat turunnya hujan.

"Memang angin ke utara akan terjadi beberapa dari Sumsel. Tapi karena sudah mulai hujan maka sudah lebih baiklah kondisinya mudah-mudahan," jelas dia.


(MEL)