AS Ingatkan Konsekuensi Serius Jika Korut Teruskan Program Nuklir

Willy Haryono    •    Kamis, 17 Sep 2015 07:20 WIB
politik as
AS Ingatkan Konsekuensi Serius Jika Korut Teruskan Program Nuklir
Foto satelit GeoEye memperlihatkan reaktor nuklir Yongbyon di Korut. (Foto: AFP / HO / GeoEye Satellite Image)

Metrotvnews.com, Washington: Amerika Serikat mengingatkan akan adanya "konsekuensi serius" jika Korea Utara meneruskan program nuklirnya yang dipandang sebagai sebuah provokasi di Semenanjung Korea. 

Pyongyang mengaku sudah menghidupkan kembali reaktor nuklir Yongbyon yang mampu memproduksi plutonium sebagai bahan baku senjata nuklir. 

"Akan ada konsekuensi serius jika Korut tidak berhenti melakukan provokasi yang meresahkan keamanan regional dan menolak melaksanakan obligasi internasionalnya," ucap Menteri Luar Negeri AS John Kerry, seperti dikutip AFP, Rabu (16/9/2015). 

"Posisi kami jelas: kami tidak akan menerima DPRK -- Korut -- sebagai negara nuklir, sama seperti sikap kami terhadap Iran," sambung dia. 

Saat ditanya apa yang akan AS lakukan jika Korut terus berulah, Kerry mengatakan negara tetangga Korea Selatan itu sudah mengalami isolasi diplomasi atau dijauhi banyak negara. 

Korut mematikan reaktor Yongbyon pada 2007 di bawah perjanjian pelucutan senjata nuklir, namun menghidupkannya kembali setelah melancarkan tes nuklir pada 2013. 

Saat beroperasi maksimal, reaktor Yongbyon dapat memproduksi enam kilogram plutonium per tahun -- cukup untuk membuat satu bom nuklir. 


(WIL)