Rakyat Boleh Beraspirasi Lewat Rakor Aspirasi Daerah

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 17 Sep 2015 13:04 WIB
dpd
Rakyat Boleh Beraspirasi Lewat Rakor Aspirasi Daerah
Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad-- MI/ Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Manado: DPD menggelar Rapat Koordinasi Sinkronisasi Aspirasi Daerah (Rakor SAD). Tujuannya untuk menjaring informasi dan aspirasi dari masyarakat di daerah.

"Anggota DPD juga harus menampung dan menindaklanjuti beragam pengaduan masyarakat, khususnya yang bekaitan dengan pelayanan publik, termasuk dugaan tindak pidana korupsi dan pelanggaran HAM. Aspirasi dan pengaduan yang diterima anggota DPD tidak selalu menyangkut tugas dan kewajiban pemerintah pusat. Sebagian di antaranya mungkin ada yang perlu dilimpahkan kepada pemerintah daerah,” kata Pimpinan DPD Farouk Muhammad saat membuka Rakor SAD di Hotel Peninsula, Manado, Kamis (17/9/2015).

Farouk menjelaskan, anggota DPD harus menyampaikan pertanggungjawaban atas tugas dan kewajiban kepada rakyat yang memilih, baik melalui media maupun sejumlah diskusi. Lalu bagaimana Rakor SAD ini berlangsung? Rakor berlangsung dua tahapan. Pertama, memonitor sejumlah program yang sudah dianggarkan dalam APBN/APBNP 2015 lengkap dengan realisasi dan kendalanya. Kedua, mengawasi realisasi program-program pembangunan yang dibiayai APBN/APBNP serta kendalanya. 

Farouk berharap, rakor SAD; Pertama, mengeker kinerja anggota DPD. Kedua, membaca realisasi pelaksanaan program pembangunan yang dibiayai APBN/APBNP 2015 beserta kendalanya. Ketiga, memetakan proyek besar yang perlu diprogramkan dalam rencana bertahap pada tahun mendatang di berbagai daerah, baik kabupaten, kota maupun provinsi. 

Keempat, masyarakat `berani` mengadukan kebijakan pemda yang menyimpang kepada DPD. Terakhir, tambah Farouk, masyarakat mendapat akses luas untuk berkomunikasi dengan DPD dan pejabat pemda.



(ICH)