Pemkab Pandeglang tak Gunakan SKB 3 Menteri Cairkan Dana Desa

Novi Adavid    •    Kamis, 17 Sep 2015 19:30 WIB
dana desa
Pemkab Pandeglang tak Gunakan SKB 3 Menteri Cairkan Dana Desa
Ilustrasi dana desa, Ant

Metrotvnews.com, Pandeglang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Banten, tidak menggunakan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terkait pencairan dan penggunaan dana desa. Sebab, Pemkab Pandeglang telah menyiapkan dua aturan terkait dana desa sebelum penerbitan SKB 3 Menteri.

"Penerbitan SKB 3 Menteri lamban sebab Pemkab Pandeglang jauh-jauh hari sudah menyiapkan peraturan tersebut," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintahan Desa Kabupaten Pandeglang, Tatang Efendi, Kamis (17/9/2015).

Tatang mengaku sudah mendapat Rp91 miliar untuk Dana Desa di Pandeglang. Dana itu dicairkan untuk 329 desa di 35 kecamatan.

"Dana tersebut akan dicairkan menurut aturan yang berlaku," ujar Tatang.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 42 tahun 2015 tentang Penggunan Dana desa, dan Perbup Nomor 43 tahun 2015 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengadaan Barang Jasa di Desa. Syarat pencairan dana itu yaitu kepala desa hanya menyiapkan Peraturan Desa dan APBDes. 

Tatang mengaku aturan baru disosialisasikan ke tingkat kecamatan. "Harapan kita, masing-masing camat dapat meneruskannya ke seluruh desa," kata Tatang.

Hingga berita ini dimuat, Tatang mengatakan baru 15 dari 35 kecamatan di Pandeglang yang menyelesaikan 

Tatang mengaku baru 15 kecamatan dari 35 kecamatan di Pandeglang yang menyelesaikan tahapan administrasi dana desa. Proses pencairannya akan dilakukan Dinas Pengelola Keuangan dan Anggaran.



(RRN)