KPU Kendal Kekurangan 3.410 Bilik Suara

Iswahyudi    •    Kamis, 17 Sep 2015 21:26 WIB
pilkada serentak
KPU Kendal Kekurangan 3.410 Bilik Suara
Petugas KPU Kendal menunjukkan kotak suara yang rusak. Foto: MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Komisi Pemulihan Umum Kabupaten Kendal kekurangan bilik suara sebanyak 3.410 buah untuk melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember nanti.

Kekurangan terjadi karena barang bekas pemilihan presiden pada 2014 lalu mengalami kerusakan. Bilik suara yang dibuat dari bahan kardus itu sebagian besar rusak di bagian lipatan sehingga tak bisa berdiri tegak.

Total bilik suara yang dibutuhkan KPU Kendal untuk melaksanakan pilkada sebanyak 7.410 buah untuk dipasang di 1.785 tempat pemungutan suara. Bilik suara warisan pilpres tahun lalu hanya bisa dipakai sebanyak 4.000 buah. 

Ketua KPUD Kendal Wahidin Said mengatakan kekurangan tersebut akan dipenuhi dengan cara meminjam ke KPU di daerah lain. Terutama KPU yang tak menyelenggarakan pilkada serentak. Rencananya KPU Kendal akan meminjam bilik suara ke KPU Kabupaten Batang. 

“Kami sudah melayangkan surat ke KPU Batang untuk meminjam bilik suara. Jika tidak disetujui, kami akan mengadakan sendiri bilik suara baru,” kata Wahidin, kepada Metrotvnews.com, Kamis (17/9/2015).

Untuk kotak surat suara, KPU Kendal tak ada kendala. "Kebutuhan kotak suara hanya sebanyak TPS, yakni 1.785 ditambah 20 untuk rekap panitia pemilihan Kecamatan (PPK). Dan itu sudah cukup,” katanya.

Selain menyiapkan kotak dan bilik suara, KPU Kendal terkendala lelang pengadaan alat peraga kampanye pasangan calon bupati dan wakil Bupati. Lelang pertama gagal dilaksanakan karena tidak ada penawaran dari rekanan. Sehingga, dibuka kembali kesempatan kedua. 

“Molornya lelang membuat pemasangan alat peraga yang seharusnya dilakukan 23 September, terancam mundur,” katanya.



(UWA)