Dua WNI yang Disandera dalam Kondisi Sehat

Fajar Nugraha    •    Jumat, 18 Sep 2015 09:21 WIB
penyanderaan
Dua WNI yang Disandera dalam Kondisi Sehat
Menlu Retno Marsudi (Foto: Media Indonesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan dua warga negara Indonesia (WNI) yang disandera di Papua Nugini dalam kondisi sehat.

Sebelumnya Menlu Retno memastikan bahwa kedua WNI itu sudah berhasil dibebaskan. Bebasnya kedua WNI tersebut didapatkan pada pukul 19.35 malam, Kamis (17/9/2015).

"Pada pukul 8.00 tadi saya sudah berkomunikasi dengan kedua wni yang dibebaskan. Keduanya saat ini dalam kondisi sehat dan saat ini berada di KJRI di Vanimo," ujar Menlu Retno Marsudi di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

"Untuk selanjutnya kedua WNI itu akan diantar ke konsul Indonesia di perbatasan Skowetu. Perjalanan dari perbatasan ke Papua kira-kira perjalanan 1 jam via darat," lanjutnya.

Kedua WNI akan diserahkan oleh Konsul Vanimo kepada Pangdam Cendarawish untuk diserahkan ke pemda Jayapura.

"Kita berencana untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada WNI tersebut di Jayapura dan diserahkan kepada keluarga," lanjutnya.

Dua WNI yang disandera kelompok sipil bersenjata adalah Ladiri Sudirman dan Badar. Tukang kayu ini diculik dan dibawa ke wilayah Skouwtiau, Papua Nugini. Penculikan berawal dari peristiwa penembakan terhadap 4 pekerja penebang kayu di Kampung Skofro, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (9/9/2015).


(FJR)