Menteri Siti: Singapura dan Malaysia Tidak Protes Kabut Asap

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 18 Sep 2015 17:10 WIB
asap
Menteri Siti: Singapura dan Malaysia Tidak Protes Kabut Asap
Siti Nurbaya----Ant/Widodo Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, menegaskan tidak ada protes yang dilayangkan Singapura dan Malaysia dari dampak kebakaran hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Kebakaran hutan menyebabkan timbulnya kabut asap di langit Pulau Sumatera dan Kalimantan.

"Saya tegaskan tidak ada protes dari Singapura dan Malaysia," kata Siti dalam konferensi pers di Kantor Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2015).

Menurut dia, sejauh ini Pemerintah Singapura hanya menanyakan keseriusan Indonesia dalam mengatasi kebakaran hutan yang menyebabkan timbulnya kabut asap.

"Kemarin yang ada telepon dari Menteri Singapura yang menanyakan (keseriusan Pemerintah Indonesia). Saya jelaskan betapa seriusnya Indonesia. Saya jelaskan kita menurunkan pesawat berapa, tentaranya berapa," jelas dia.

Namun, ia kembali menegaskan baik Singapura maupun Malaysia tidak pernah protes terkait bencana kabut asap tersebut. Pasalnya, mereka telah menyadari akan keseriusan Pemerintah Indonesia dalam mengatasi bencana kebakaran hutan ini.

"Angka (kabut asap) yang bergerak di Singapura turun naik, turun naik jadi tidak bisa ada komplain, karena sudah ada usaha dari kita," kata dia.

Sejauh ini, kata dia, pemerintah terus berusaha melakukan pemadaman api dengan melakukan pemadaman melalui operasi udara atau water bomming dan melakukan hujan buatan.


(TII)