On This Day

On This Day: Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) Kembali Aktif

Krisna Octavianus    •    Selasa, 22 Sep 2015 05:18 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) Kembali Aktif
Lambang DFB (Foto: iconshut.com)

Metrotvnews.com: Hari ini 65 tahun yang lalu atau tepatnya pada 22 September 1950, badan sepak bola dunia memulihkan keanggotaan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB). Hal itu terjadi setelah mereka dibekukan oleh FIFA pada masa perang dunia, 1945.

DFB didirikan pada 1900 di Leipzig dengan persetujuan 86 klub yang ada di Jerman. Setelah didirikan, DFB memutar kompetisi Bundesliga dan bertanggung jawab terhadap pembentukan tim nasional Jerman.

Namun, pada 1945 atau 45 tahun setelah berdiri, DFB mendapat hukuman dari FIFA tak boleh beraktivitas di dunia sepak bola. Hal itu terjadi setelah Jerman terlibat dalam perang dunia kedua. Tak hanya DFB, FIFA juga melarang asosiasi sepak bola Jepang beraktivitas untuk alasan yang sama.

Mendapat hukuman dari FIFA, DFB mengajukan banding. Hasilnya, banding itu diterima dan FIFA mencabut sebagian hukuman pada 1948. Hukuman dicabut hanya untuk klub-klub Jerman, tapi untuk aktivitas internasional, DFB masih tak diperbolehkan.

Barulah dua tahun kemudian atau Januari 1950, DFB benar-benar kembali aktif tapi hanya khusus untuk Jerman Barat tidak untuk Jerman Timur. Kemudian pada kongres FIFA 22 September, DFB benar-benar sah lepas dari hukuman.

DFB yang menaungi tim nasional Jerman Berat akhirnya bisa tampil di Piala Dunia 1954 dan akhirnya keluar sebagai juara.

Ketika Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu pada 1990, DFB langsung mengambil alih semua kegiatan sepak bola, termasuk kegiatan sepak bola Jerman Timur, DFB resmi menjadi organisasi sepak bola Jerman secara untuh. (Tdifh)

Revolusi lambang DFB:




(KRS)