Solusi Untuk Mengatasi Jerawat di Punggung

   •    Selasa, 22 Sep 2015 18:13 WIB
kecantikan
Solusi Untuk Mengatasi Jerawat di Punggung
Ilustrasi (Foto: ampmontana.com)

Metrotvnews.com: Jerawat tidak hanya menyerang wajah namun juga beberapa bagian tubuh yang lain seperti punggung. Menurut Dr. Sadaf Rangooni, seorang ahli kecantikan, jerawat punggung diperkirakan menyerang hampir 61 persen orang di seluruh dunia.

Mengapa ada jerawat di punggung?

Ahli kecantikan kulit menjelaskan, jerawat di bagian tubuh manapun pasti disebabkan oleh aktivitas kelenjar minyak. Dan punggung termasuk daerah yang memiliki kelenjar minyak yang cukup berlebih.

Selain itu, jika pada wanita jerawat lebih sering muncul di wajah, maka pada pria justru sebaliknya. Mereka cenderung lebih banyak berjerawat di punggung.

Apa penyebabnya?

1. Pityriasis capitis (ketombe) biasanya ditandai dengan pengelupasan berlebihan dari kulit yang abnormal.

2. Selain itu, bisa jadi disebabkan oleh Seborrheic Dermatitis, kondisi peradangan yang ditandai dengan scaling dan eritema. Proses waxing juga dapat menimbulkan jerawat.

3. Hawa panas dari terapi laser pun dapat mengakibatkan punggung berjerawat.

4. Seseorang yang memiliki kulit wajah berjerawat cenderung akan memiliki jerawat di punggung.

5. Pengobatan
Penyembuhan jerawat di punggung sedikit sulit karena kulit di sana lebih tebal. Maka dari itu sangat direkomendasikan untuk memakai sabun mandi yang memiliki kandungan benzoli peroksida dan melakukan pengelupasan dengan asam salisilat. Ingat, keduanya harus dilakukan dalam selang waktu 15 hari.

6. Pencegahan
Para ahli kecantikan mengatakan, untuk mencegah jerawat punggung hampir tidak mungkin, karena ini merupakan kondisi alami yang disebabkan oleh hormon. Akan tetapi tak perlu khawatir, efeknya masih dapat dikurangi dengan menggunakan krim anti jerawat. Selain itu, pastikan kulit tetap lembab dan mengoleskan gel lidah buaya pasca perawatan laser. (Sumarni/ Times of India)


(AWP)