Pemerintah Minta Pertamina Cari Solusi Terkait Avtur

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 22 Sep 2015 18:36 WIB
pertamina
Pemerintah Minta Pertamina Cari Solusi Terkait Avtur
Illustrasi. ANTARA FOTO/Risyal Hidayat

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) diminta Pemerintah untuk mencari jalan tengah yakni win-win solution mengenai harga bahan bakar avtur.

Vice President Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan pemerintah telah memahami soal avtur yang dijual perseroan ini bukan hanya avtur yang keluar dari nozzle tapi ada infrastruktur yang dibangun.

"Avtur sampai sejauh ini kita diminta pemerintah untuk win win solution. Pemerintah juga pahami avtur adalah komoditas komersial. Kita tidak jualan avtur hanya dari kulit nozzle dan kemudian keluar, tapi ada serangkaian infrastruktur yang harus kita siapkan," kata Wianda di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Wianda menjelaskan, selama ini perusahaan pelat merah ini kita melakukan investasi terkait avtur itu di 62 bandara Indonesia seperti segi operasional yakni storage dan tangki. Jadi bisnis avtur pertamina tidak hanya dari sisi perdagangan, tapi juga terintegrasi.

"Kadang-kadang kita lakukan penjualan di Juanda, Sokarno-Hatta, Ngurah Rai, sekarang kita investasi juga ke bandara-bandara yang lebih kecil," ujar dia.

Sebelumynya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan kekecewaannya terhadap harga Avtur Pertamina lantaran lebih mahal 20 persen dibandingkan dengan harga internasional. Kondisi ini menyebabkan harga tiket pesawat nasional melonjak sehingga membuat pesawat dalam negeri kalah saing dengan negara-negara lain. Jonan pun  meminta agar pertamina segera menyesuaikan harga Avtur supaya setara dengan harga internasional.



(SAW)