Antam Raih Juara Umum ARA 2014

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 23 Sep 2015 09:01 WIB
antam
Antam Raih Juara Umum ARA 2014
Pabrik feronikel milik Antam. FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan pelat merah di sektor tambang, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) meraih juara umum dalam event Annual Report Award (ARA) 2014.

"Kami senang terpilih menjadi juara umum ARA 2014. Kami berhasil efisiensi sampai Rp45 miliar-Rp46 miliar per Agustus 2015, padahal Rp45 miliar-Rp46 miliar itu target kami di tahun ini untuk efisiensi, sudah tercapailah," ucap ‎Coporate Secretary Aneka Tambang Tri Hartono, ketika ditemui dalam acara ARA 2014 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (22/9/2015) malam.

‎Efisiensi yang dilakukan perseroan, kata Tri, dengan belajar dari krisis yang terjadi di 1997 dan 2007. Alhasil, disaat keadaan seperti ini, perseroan bisa mengantisipasi segala halangan.

"Kami akhirnya bentuk tim krisis, penghargaan ini makanya kami dapatkan,‎ manajemen berkomitmen untuk menerapkan good corporate governance (GCG) dan efisiensi di tahun ini, sehingga penghargaan kami dapatkan," jelas dia.

Kepala Pengawas Eksekutif Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida‎ menambahkan, kriteria penilaian ARA dikaji setiap tahun dan disesuaikan dengan perkembangan terkini dari praktik GCG. Sehingga, diharapkan praktik corporate governance di Indonesia akan terus meningkat sejalan dengan dinamika perkembangan standar dan praktik GCG.

‎Pada ARA 2014, lanjut Nurhaida, sejumlah perubahan dilakukan untuk menyelaraskan kriteria penilaian dengan peraturan OJK terkait dengan peraturan tentang tata kelola dan kriteria ASEAN Corporate Governance Scorecard yang dilaksanakan dalam kerangka ASEAN Capital Market Forum (ACMF), sebagai bagian dari proses pelaksanaan program Asean Economic Community yang dilaksanakan pada tahun ini.


(AHL)