PM Tsipras Umumkan Kabinet Baru Yunani

Willy Haryono    •    Rabu, 23 Sep 2015 10:24 WIB
politik yunani
PM Tsipras Umumkan Kabinet Baru Yunani
PM Yunani Alexis Tsipras berjabat tangan dengan Presiden Yunani Prokopis Pavlopoulos di Athena, 21 September 2015. (Foto: AFP / LOUISA GOULIAMAKI)

Metrotvnews.com, Athena: Perdana Menteri Alexis Tsipras mengumumkan kabinet baru Yunani, Selasa (22/9/2015). Tsipras dipercaya kembali memimpin Yunani setelah sempat mengundurkan diri dari jabatan PM pada Agustus lalu. 

Seperti dikutip AFP, juru bicara pemerintahan Olga Gerovassili mengatakan kabinet kali ini adalah sebagian besar sama dengan kabinet sayap kiri Yunani sebelumnya. 

Dalam kabinet baru ini, Tsipras masih mempercayakan jabatan Menteri Keuangan kepada Euclid Tsakalotos, seorang ekonom sayap kiri yang bertekad mempertahankan Yunani di zona euro. 

Panos Kammenos, tokoh yang memimpin partai sayap kanan, sekali lagi menjadi Menteri Pertahanan. Nikos Kotzias kembali menjadi Menteri Luar Negeri, dan urusan keimigrasian juga masih dipegang Yanis Varoufakis. 

Tsipras mengundurkan diri pada Agustus lalu karena merasa bersalah menerima dana talangan dari Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional (IMF). Padahal, ia bertekad tidak akan mau menerima pinjaman dana. 

Namun dalam sebuah referendum, mayoritas warga Yunani rupanya lebih memilih "Iya," atau memilih mengambil dana talangan.


(WIL)