Industri Kimia Berharap Keringanan Pajak Selama 10 Tahun

   •    Minggu, 27 Sep 2015 20:24 WIB
tax holiday
Industri Kimia Berharap Keringanan Pajak Selama 10 Tahun
Illustrasi mata uang Rupiah dan Dollar AS. ANTARA FOTOYudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Kalangan industri khususnya yang bergerak di sektor kimia berharap kebijakan tax holiday (keringanan pajak) dapat diberikan minimal 10 tahun untuk menggairahkan investasi di sektor tersebut.

Sekjen Federasi Industri Kimia Indonesia (FIKI) Ridwan Adipoetro menuturkan industri kima membutuhkan empat tahun untuk mencapai break event point (BEP).

"Keuntungan kemungkinan baru bisa diraih tahun kelima, kalau diberikan 10 tahun sudah cukup bagi industri kimia untuk melakukan investasi baru maupun perluasan," ujar Ridwan," kata Sekjen Federasi Industri Kimia Indonesia (FIKI) Ridwan Adipoetro sebagaimana dikutip dari Antara di Jakarta, Minggu (27/9/2015).

Pelaku usaha yang bergerak di sektor kimia juga berharap prosedur untuk mendapatkan keringanan pajak (tax holiday) tidak terlalu sulit.

"Kalau melihat petunjuk dan pelaksanaan yang diumumkan pemerintah seharusnya tidak terlalu sulit dan prosesnya bisa lebih lebih cepat," kata
Ridwan.

Ridwan mengatakan kalau melihat pengalaman sebelumnya memang prosesnya terkadang lebih lama, namun dengan adanya kebijakan pemerintah ini diharapkan dapat lebih cepat sehingga akan membantu bagi industri yang akan melakukan investasi baru maupun perluasan.

"Kami juga berharap sektor yang mendapatkan fasilitas tax holiday ini bukan yang nilai investasinya di atas Rp1 triliun saja. Tapi, juga untuk investasi yang nilainya di atas Rp500 miliar," terangnya.



(SAW)