Makan Siang Bersama, Menko Darmin Bahas Percepatan Investasi

Eko Nordiansyah    •    Senin, 28 Sep 2015 13:28 WIB
investasi
Makan Siang Bersama, Menko Darmin Bahas Percepatan Investasi
Kepala BKPM Franky Sibarani (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk membahas percepatan investasi bersama dengan beberapa menteri dan pimpinan lembaga.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani yang turut hadir menjelaskan, rakor akan difokuskan pada upaya pemerintah mempercepat izin penanaman modal. Hal ini penting guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di waktu-waktu mendatang.

"Kita membahas tentang perizinan yang terkait dengan percepatan perizinan investasi sambil makan siang," ujar Franky, di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).

Selain Kepala BKPM, rakor tersebut juga diikuti oleh Menteri Perindustrian (Meperin) Saleh Husin, Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Sigit Priadi Pramudito.

Sebelumnya, BKPM dan kementerian terkait telah berhasil mempercepat waktu perizinan pengurusan izin pertanahan, terkait sektor agraria, kehutanan dan perhubungan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat. Perizinan pertanahan di ketiga sektor tersebut, terkait erat dengan percepatan perizinan terintegrasi (end to end) ketenagalistrikan.

Franky menjelaskan, pemerintah memilih perizinan sektor pertanahan di ketiga sektor tersebut karena memerlukan waktu yang lama dan saling mengunci (interlocking). Percepatan waktu perizinan pertanahan tersebut mendukung upaya percepatan perizinan terintegrasi ketenagalistrikan, khususnya proyek Independent Power Producers (pembangkit listrik swasta) pemilihan langsung hingga 256 hari.


(ABD)