​Thailand Open 2015

Ganda Campuran Ditarget Juara

   •    Senin, 28 Sep 2015 19:59 WIB
bulu tangkis
Ganda Campuran Ditarget Juara
Riky Widianto/Richi Puspita Dili (Dok: Badmintonindonesia.org)

Metrotvnews.com, Nonthaburi: Turun bertanding di Thailand Open Grand Prix Gold 2015, sektor ganda campuran Indonesia ditargetkan bisa rebut gelar juara. Hal itu disampaikan pelatih ganda campuran yang mendampingi, Enroe Suryanto, Senin 28 September 2015.

“Kalau melihat drawing dan seeded seharusnya ada peluang ya untuk juara. Targetnya memang ke situ. Tinggal bagaimana nanti kondisi di lapangan,”kata Enroe kepada badmintonindonesia.org.

Melihat peluang di atas kertas, Indonesia memang memiliki peluang untuk memenuhi target tersebut. 

Dari tim Pelatnas PBSI, ganda campuran menurunkan empat pasangan, yaitu Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti.

Unggulan tertinggi dipegang Riky/Richi yang menduduki urutan dua, di bawah pasangan Korea, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na. Pasangan Riky/Richi di babak pertama masih menunggu lawan dari babak kualifikasi.

Jika menang, Riky/Richi akan berhadapan dengan pemenang antara Gaurav Venkat/Juhi Dewangan (India) dan Yuki Kaneko/Shizuka Matsuo (Jepang) di babak dua.

“Dari kami sendiri nggak mikirin jadi unggulan atau tidak. Tapi yang penting kami bisa main maksimal, kurangin errornya dan percaya diri di lapangan. Percaya diri yang cukup, jangan over juga karena bisa membahayakan kami jadinya,” kata Richi ditemui usai latihan di Thunder Dome, Muangthong Thani.

“Kami juga banyak mengevaluasi permainan dari yang sebelum-sebelumnya. Semoga di sini kami bisa lebih baik. Nggak mau mikirin hasil dulu, yang penting satu-satu kami hadapi,” tambah Richi lagi.

Sementara itu, menduduki unggulan tiga, Praveen Jordan/Debby Susanto akan berhadapan dengan pasangan Tiongkok, Zhang Wen/Ou Dongni. Kedua pasangan tercatat belum pernah berhadapan. Namun jika melihat kekuatan di atas kertas, Praveen/Debby yang berada di peringkat sembilan dunia seharusnya belum menemui kesulitan dari Zhang/Ou, yang duduk di peringkat 551 dunia.

Selanjutnya ada duet Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja yang akan berhadapan dengan Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo. Dengan pasangan Singapura tersebut, Edi/Gloria sudah empat kali berhadapan, dan keunggulan 3-1 masih untuk Edi/Gloria. Mereka terakhir berhadapan di Malaysia Masters 2015 lalu. Saat itu Edi/Gloria menang straight game dengan 21-18 dan 21-17. Edi/Gloria datang sebagai unggulan enam turnamen.

Langkah cukup berat akan dihadapi ganda campuran Indonesia lainnya, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti. Di babak pertama, Ronald/Melati sudah harus berhadapan dengan unggulan satu asal Korea, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na.

Selain empat pasangan ganda campuran Pelatnas PBSI, Indonesia juga akan diwakili tujuh pasangan dari klub. Mereka adalah Andrei Adistia/Vita Marissa, Fran Kurniawan/Komala Dewi, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini, Hendra Aprida Gunawan/Shendy Puspa Irawati, Didit Juang/Variella Aprilsasi Putri Lejarsari dan Agripinna Prima Rahmanto Putera/Apriani Rahayu. (PBSI)


(RIZ)