Laporan dari Amerika Serikat

Eropa Harus Bertindak Mengatasi Derasnya Aliran Pengungsi

Fajar Nugraha    •    Senin, 28 Sep 2015 21:27 WIB
sidang majelis umum pbb 2015
Eropa Harus Bertindak Mengatasi Derasnya Aliran Pengungsi
Sekjen PBB Ban Ki-Moon (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, New York: Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon meluapkan berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi dunia saat ini. Pengungsi dan terorisme menjadi perhatian Ban.

Aliran pengungsi Timur Tengah khususnya Suriah, yang masuk ke Eropa makin deras. Ban pun mendesak agar Eropa bisa membuka pintunya untuk para pengungsi.

"Saya mendesak Eropa untuk bertindak lebih banyak untuk pengungsi. Eropa sebelumnya pada perang dunia kedua pernah menghadapi keadaan yang sama," ujar Ban, dalam pembukaan Debat umum, Sidang Majelis Umum PBB di New York, Senin (28/9/2015) pagi waktu AS atau Senin malam waktu Indonesia.

Khusus untuk Suriah, Ban mengingatkan jutaan warga Suriah meninggalkan rumah mereka karena kekerasan yang terjadi. Kondisi yang ada saat ini membuat rakyat Suriah sulit untuk bertahan.

"Mereka yang berada di dalam negeri membuat hancur negaranya sendiri. Utusan saya melakukan semua cara untuk menangani masalah," lanjutnya .

Sekjen Ban juga menyebutkan masalah yang terjadi di Yaman. Sekitar 21 juta warga Yaman membutuhkan kemanusiaan, sementara sebagian dari mereka tewas akibat serangan udara.

"Saya mendesak agar pengeboman dihentikan," tegas Ban.

"Selain itu perebutan kekuasaan di Yaman menyebabkan rakyat menderita. Saya meminta antar pihak yang berseteru duduk bersama membahas secara diplomatik. Pemecahan melalui militer tidak akan menyelesaikan masalah," imbuh diplomat asal Korea Selatan (Korsel) itu.

Ban juga menyinggung Israel dan Palestina. Dia mendesak agar kedua negara ini bisa kembali ke jalur negosiasi.


(FJR)