NTT Endemik Penderita Kaki Gajah Kronis

Mufti Sholih    •    Rabu, 30 Sep 2015 09:14 WIB
kesehatan
NTT Endemik Penderita Kaki Gajah Kronis
Pengobatan penyakit kaki gajah----Ant/Edi Suhaedi

Metrotvnews.com, Jakarta: Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kini menjadi wilayah endemik penyakit Kaki Gajah (Filariasis) kronis. Wilayah tersebut membutuhkan penanganan karena penyebaran penyakit itu hampir merata di 23 kabupaten/kota di daerah setempat.

"Kementerian Kesehatan RI mengategorikan NTT sebagai Provinsi endemik penyakit kaki gajah di kawasan Timur Indonesia bersama Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2) Dinas Kesehatan NTT, Joyce Tibuludji seperti dilansir Antara, Rabu (30/9/2015).

Dia menyebut, kategori endemik disematkan lantaran terjadi kecenderungan peningkatan penderita penyakit kaki gajah yang hingga 2014. Tercatat sebanyak 2.834 jumlah penderita filaria atau kaki gajah kronis.

"Ini telah menempatkan NTT sebagai salah satu provinsi endemik penyakit kaki gajah di Indonesia," imbuh dia.

Dari jumlah itu, Joyce memperkirakan penularannya dari satu kasus kronis, ada 10 kasus akut dan 100 kasus sudah tertular. Tapi, belum menimbulkan gejala ke kasus kaki gajah. Sehingga, apabila terdapat 2.843 kasus kronis, maka diperkirakan ada 28.430 kasus akut. Namun, belum menimbulkan gejala dan berpoteni menular ke orang lain.

Secara nasional, jumlah penderita penyakit kaki gajah atau filariasis di Indonesia mulai menghawatirkan. Tercatat, 105 juta orang mengidap penyakit tersebut. Karena itu, pemerintah segera melakukan pencanangan bulan eliminasi penyakit kaki gajah (Belkaga).


(TII)