Penemu Air di Mars Ternyata Gitaris Death Metal

Agustinus Shindu Alpito    •    Rabu, 30 Sep 2015 12:09 WIB
air telah ditemukan di mars
Penemu Air di Mars Ternyata Gitaris Death Metal
Lujendra Ojha (Foto:Billboard)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Pekan ini, masyarakat dunia dibuat tercengang melihat penemuan air di planet Mars. Hal itu lantas memicu pertanyaan tentang kemungkinan manusia tinggal di sana, atau adakah kehidupan di planet merah itu?

Kita tinggalkan dulu pertanyaan yang belum pasti jawabannya itu. Ternyata, ada sosok penting di balik penemuan bersejarah itu. Dia adalah Lujendra Ojha, pria berusia 25 tahun yang sedang mengejar gelar Ph.D. di Georgia Tech.

Ojha tak seperti ilmuwan lain yang selama ini dicitrakan sebagai seorang yang kutu buku dan berpenampilan aneh. Dia adalah seorang gitaris Gorkha, band yang beraliran death metal.


Lujendra Ojha ketika menjadi gitaris band death metal (Foto:Ultimateguitar)

"Ya, itu kehidupan yang lama (sebagai gitaris)," ujar Ojha sembari tertawa, seperti dilansir Ultimate Guitar, Rabu (30/9/2015).

"Agaknya, saya miskin ketika bermusik. Saya tidak cukup menghasilkan banyak uang, sehingga saya meninggalkan musik dan masuk ke dunia sains. Mungkin akan ada uang lebih di sini (sains). Tapi (ternyata) tidak ada uang juga di sains," seloroh Ojha.

Baca juga: NASA Temukan Air di Mars

Ojha memulai kiprahnya di NASA setelah lulus dari University of Arizona. Dia lantas mencoba cara baru untuk menganalisa foto-foto permukaan Mars.

Sang ilmuwan cadas itu bekerja sama dengan Profesor McEwen. Mereka melakukan penelitian yang luas, sebelum akhirnya NASA mengonfirmasi bahwa air benar-benar telah ditemukan di Mars.


(ROS)