Penyerapan Anggaran Jadi Indikator Penentu TKD PNS DKI

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 02 Oct 2015 09:52 WIB
tkd dki
Penyerapan Anggaran Jadi Indikator Penentu TKD PNS DKI
PNS DKI Jakarta. (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini memasukkan penyerapan anggaran menjadi salah satu poin indikator penilaian besaran tunjangan kinerja daerah (TKD) dinamis PNS DKI. Perubahan sistem penilaian itu yang membuat pencairan TKD terlambat.
 
"Tahun ini penyerapan anggaran menjadi indikator penilaian. Kalau rendah (penyerapan), penilainnya juga akan rendah. TKD yang diterima kecil," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Agus Suradika di Balai Kota‎, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/10/2015).
 
Agus mengatakan, selain penyerapan anggaran, keterlambatan pencairan TKD ada aturan baru yang mewajibkan pejabat Eselon II mengisi eTKD. “Sebelumnya TKD pejabat Eselon II tergantung kinerja pegawai di SKPD secara keseluruhan. Dengan sistem baru ini, mereka harus ikut mengisi eTKD," katanya.
 
PNS DKI sudah enam bulan tidak menerima tunjangan TKD dinamis. Seharusnya TKD berbasis kinerja ini dibayarkan tiap tiga bulan atau triwulan. Sejak April hingga September, PNS belum menerima hak mereka.


(FZN)