Sheriff Oregon Tidak Sudi Sebutkan Nama Pelaku Penembakan

Willy Haryono    •    Jumat, 02 Oct 2015 10:34 WIB
penembakan as
Sheriff Oregon Tidak Sudi Sebutkan Nama Pelaku Penembakan
Sheriff Douglas County, John Hanlin, dalam konferensi pers di Oregon, Kamis (1/10/2015). (Foto: AFP / Michael Lloyd / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Roseburg: Penembakan massal di sebuah kampus di Roseburg, Douglas County, Oregon, Amerika Serikat, menelan sepuluh korban jiwa dan melukai 20 lainnya, Kamis (1/10/2015). 

Melalui akun Twitter, Kantor Sheriff Douglas County menolak menyebutkan nama pelaku. "Media akan mendapatkan nama pelaku, tapi Anda tidak akan pernah mendengar kami menggunakannya." #UCCShooting. 

Dalam konferensi pers lanjutan di malam hari, Sheriff Douglas County John Hanlin kembali menegaskan sikapnya. 

"Saya jelaskan sejelas-jelasnya: Saya tidak akan menyebutkan nama pelaku," ujar Hanlin, seperti dikutip AFP. "Saya tidak mau memberikannya perhatian yang mungkin dia inginkan."

Hanlin menyebut media pasti akan mendapatkan namanya, tapi menyarankan agar tidak usah digunakan. 

"Kami menyarankan kepada Anda semua (media) untuk tidak menciptakan sensasi baginya. Dia tidak pantas mendapatkannya," tutur Hanlin. 

Berbagai media AS sudah mengidentifikasi nama pelaku sebagai Chris Harper Mercer, pria berumur 26 tahun. Motif penembakan di Umpqua Community College ini belum diketahui. 

Presiden Barack Obama dan Wakil Presiden Joe Biden sama-sama mengutuk penembakan ini, dan meminta agar segera ada aturan yang lebih ketat terkait kepemilikan senjata api. 


(WIL)