Tour de Singkarak 2015

Ini Perubahan-perubahan di Tour de Singkarak 2015

Hilman Haris    •    Jumat, 02 Oct 2015 16:07 WIB
tour de singkarak
Ini Perubahan-perubahan di Tour de Singkarak 2015
Tour de Singkarak (Antara Foto: Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Padang: Kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TDS) 2015 di Sumatera Barat yang dihelat pada 3-11 Oktober bakal menempuh jarak lebih dari 1.300 km.  Total, balapan tersebut terbagi dalam sembilan etape dan akan memperebutkan lima kategori juara. Satu gelar juara lebih banyak dibanding gelaran tahun lalu.

"Selain yellow jersey (juara umum), green jersey (sprint), polkadot jersey (tanjakan), red and white jersey (pembalap Indonesia tercepat), juga ada orange jersey yaitu untuk kategori pembalap Asia Tenggara tercepat," kata Pimpinan Perlombaan TDS 2015 Sondi Sampurno di sela rapat persiapan akhir TDS 2015, Jumat 2 Oktober.
 
TdS memasuki musim ketujuh pada tahun ini. Setiap tahun, jarak tempuh serta daerah di Sumatera Barat yang terlibat terus mengalami penambahan. Jumlah peserta serta total hadiah juga terus meningkat setiap tahun. Untuk gelaran kali ini, pihak panitia sudah menyiapkan total hadiah Rp2,4 miliar.

Lebih dari 20 tim dari dalam dan luar negeri sudah bersiap diri  bersaing untuk menjadi yang terbaik. Di antaranya tim kuat asal Iran, Tabriz Petrochemical Team serta tim Track Astana.

Di kategori nasional, tim yang sedang naik daun, Pegasus Continental Cycling Team diprediksi bakal memberikan perlawan di TdS tahun ini.

"Pegasus memang layak diapresiasi. Tim ini merupakan tim terbaik pada Le Tour de Langkawi. Kami berharap kesuksesan itu bisa menular TdS tahun ini," kata Sondi.

Pegasus mengandalkan pembalap timnas Indonesia di TDS 2015. Salah satunya Dadi Suryadi yang merupakan peraih red and white jersey pada TdS musim lalu. Selain itu ada peraih emas SEA Games  2015 Singapura Robin Manullang. (ANT)


(HIL)