September 2015, Pangsa Pasar iOS Disalip Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 03 Oct 2015 09:33 WIB
September 2015, Pangsa Pasar iOS Disalip Android
Dua sistem operasi yang paling banyak dipakai: iOS dan Android. (SiliconAngle)

Metrotvnews.com: Dalam industri sistem operasi perangkat mobile, dua sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Android dan iOS. Seperti yang disebutkan oleh Ubergizmo, di bulan September lalu, pangsa pasar iOS mengalami penurunan. Sebaliknya, pangsa pasar Android justru meningkat.

Berdasarkan data yang didapatkan oleh NetMarketShare, pangsa pasar iOS di bulan September mengalami penurunan yang cukup signifikan. Jika di bulan Agustus iOS memiliki pangsa pasar sebesar 40,82 persen, di bulan September, angka tersebut merosot menjadi 38,58 persen. Sementara itu, pangsa pasar Android justru meningkat, dari 52,14 persen menjadi 53,54 persen. Di tahun lalu, iOS sempat memiliki pangsa pasar sebesar 41,97 persen. Angka ini sempat menurun sebelum ia kembali naik di 2015.

Pada tanggal 9 September lalu, Apple meluncurkan dua iPhone terbaru: iPhone 6S dan 6S Plus. Kurang lebih satu minggu kemudian, Apple versi terbaru dari iOS yaitu iOS 9. Sementara itu, Google meluncurkan versi terbaru dari Android, Android 6.0 Marshmallow bersama dengan 2 gadget Nexus pada akhir bulan September. Satu hal yang pasti adalah semua hal ini akan mempengaruhi pangsa pasar iOS dan Android bulan ini.
(ABE)