Arsenal vs Manchester United

Preview Arsenal vs Manchester United: Momen Red Devils Hukum Arogansi Wenger

Hilman Haris    •    Sabtu, 03 Oct 2015 14:23 WIB
manchester unitedliga inggrisarsenal
Preview Arsenal vs Manchester United: Momen Red Devils Hukum Arogansi Wenger
Wenger tertunduk lesu melihat skuatnya tampil buruk saat melawan Olympiakos (GLYN KIRK / AFP)

Arsenal vs Manchester United, Stadion Emirates, Minggu 4 Oktober

Metrotvnews.com, London: Arsenal dan Manchester United punya problem yang sama ketika bersua pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris 2015--2016, Minggu 4 Oktober. Cedera yang menimpa Laurent Koscielny serta Luke Shaw membuat lini belakang Arsenal dan MU pincang pada laga ini. 

Untuk menambal pos yang ditinggalkan Koscielny, manajer Arsenal, Arsene Wenger kemungkinan besar bakal menurunkan Per Mertesacker untuk berduet dengan Gabriel di jantung pertahanan. Sementara itu, manajer MU, Louis van Gaal sepertinya akan bereksperimen dengan memainkan Ashley Young yang notabene seorang winger di pos bek kiri.

Walau sama-sama tak tampil dengan komposisi terbaik, peluang MU memenangkan pertandingan ini lebih besar dibanding Arsenal. Sebab mereka datang ke kandang Arsenal, Stadion Emirates dengan kepercayaan diri tinggi usai meraih empat kemenangan beruntun di semua ajang. Teranyar, Wayne Rooney dkk sukses menang kontra Wolfsburg di ajang Liga Champions 2015--2016, Kamis 1 Oktober.

Sebaliknya, Arsenal justru tiba ke laga ini dengan suasana hati yang murung karena terus dihujani kritik setelah kalah secara memalukan dari Olympiakos Piraeus pada matchday 2 Liga Champions 2015--2016, Rabu 30 September.

Wenger yang juga tak lepas dari kritik memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum melawan MU. Selain membangkitkan semangat para pemain, manajer asal Prancis itu juga mesti menyiapkan taktik yang tepat agar bisa mengadang laju penggawa Red Devils. Strategi 4-2-3-1 Wenger dengan menerapkan high defensive line terbukti tak berjalan dengan baik saat melawan Olympiakos. Gara-gara taktik itu, para pemain bertahan Arsenal kerap keteteran ketika wakil asal Yunani tersebut melakukan serangan balik.

Taktik serupa tak boleh diterapkan saat melawan MU. Apalagi kalau Wenger akhirnya memainkan Mertesacker di lini belakang. Siapa pun tahu, Mertesacker lemah dalam hal kecepatan. Jika high defensive line diterapkan, bek asal Jerman itu bakal menjadi sasaran empuk pemain-pemain Red Devils yang punya kecepatan di atas rata-rata seperti Memphis Depay dan Anthony Martial.

Apes bagi Wenger. Saat ini, ia tak memiliki banyak stok pemain bertipe bertahan yang bisa diandalkan untuk mengimbangi kecepatan Martial dan Depay serta membantu Mertesacker di lini belakang. Cedera yang dialami Mikel Arteta dan Mathieu Flamini membuat Wenger tak punya pilihan selain mengandalkan Francis Coquelin di pos defensive midfielder. Dalam situasi kepepet, Wenger kemungkinan besar bakal meminta Aaron Ramsey beroperasi lebih ke dalam agar tak jauh dari empat bek Arsenal.

Situasi pelik yang didapat Arsenal saat ini sebenarnya bisa dihindari andai Wenger sudi mengeluarkan kocek untuk membeli sejumlah pemain baru pada bursa transfer musim panas lalu. Namun Wenger terlalu arogan. Sejak awal, ia sudah sesumbar dengan menyebut kedalaman skuat The Gunners sudah lebih dari cukup untuk bersaing di Liga Primer Inggris musim ini.

Kini, Wenger harus merasakan efek buruk dari putusan itu. Komposisi skuat The Gunners terbukti compang-camping saat badai cedera datang. Sialnya, hal buruk itu justru terjadi ketika The Gunners bakal melakoni pertandingan krusial melawan MU.

5 Pertemuan Arsenal vs Manchester United

17/05/2015    MU 1-1 Arsenal    Liga Primer Inggris
10/03/2015    MU 1-2 Arsenal    Piala FA
23/11/2014    Arsenal 1-2 MU    Liga Primer Inggris
13/02/2014    Arsenal 0-0 MU    Liga Primer Inggris
10/11/2013    MU 1-0 Arsenal    Liga Primer Inggris

Hasil Arsenal vs MU di Liga Primer Inggris
Main: 172
Arsenal menang: 58
Seri: 42
MU menang: 72

Prediksi Metrotvnews.com: Arsenal (40) - Manchester United (60) 


(HIL)