Teknologi Otomotif

Karma Automotive, Pemain Lama Kendaraan Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 05 Oct 2015 11:00 WIB
mobil listrik
Karma Automotive, Pemain Lama Kendaraan Listrik
Karma Automotive ramaikan pasar kendaraan listrik. Autoguide

Metrotvnews.com: Perusahaan Fisker yang sebelumnya mengalami kebangkrutan, kini telah resmi lahir kembali dan berubah nama menjadi Karma Automotive.

Pembuat mobil listrik ini sekarang berada di bawah miliarder asal Tiongkok, Lu Guanqiu dari Wanxiang Group Corp, dan akan kembali meneruskan model produksi Fisker yang terkenal sebagai sedan Karma.

Karma Automotive yang berbasis di California memiliki 300 karyawan, dan sekarang bangkit untuk membuat sesuatu yang baru, setelah perusahaan sebelumnya gagal membayar kembali pinjaman pemerintah AS sebesar USD139 milar (sekitar Rp190 triliun).

Karma akan mulai meluncurkan kendaraannya tahun depan, dan akan bermain di pasar kendaraan listrik. Tesla baru-baru ini telah debut Model baru X, sedangkan Chevrolet Volt dengan next-generation Volt, dan BMW meluncurkan i sub-models.

Produksi Karma ini diharapkan tidak hanya berubah pada tampilan semata, tetapi menjadi kendaraan dengan teknologi plug in hybrid, yang mampu menempuh jarak lebih dari 560 kilometer. Karena semua kendaraan listrik yang telah hadir lebih dulu menawarkan kemampuan jarak tempuh hingga 800, seperti Volt baru yang akan dijual pada Januari tahun depan.

Menurut CEO Karma Otomotif Tom Corcoran, perusahaan akan terus mengembangkan model Atlantik sebelum Fisker bangkrut. Akhirnya, model ini benar-benar menjadi  kendaraan listrik murni, dan akan langsung bersaing dengan Tesla.


(UDA)