Hiu Langka Ditangkap di Skotlandia, Bentuknya Aneh

Willy Haryono    •    Minggu, 04 Oct 2015 15:36 WIB
satwa
Hiu Langka Ditangkap di Skotlandia, Bentuknya Aneh
Foto ikan hiu false catshark atau hiu sofa yang ditangkap di perairan Skotlandia. (Foto: Marine Scotland)

Metrotvnews.com, Edinburg: Seekor ikan hiu langka yang ditangkap di lepas pantai Skotlandia sepertinya tidak akan mampu memenangkan kontes hewan tercantik di belahan dunia manapun. 

Hiu langka bernama unik ini, false catshark atau hiu kucing palsu, memiliki bentuk tubuh dan wajah yang aneh seperti gumpalan daging, mirip dengan ikan Blob Fish. Hiu ini juga kerap disebut hiu sofa karena tubuhnya gemuk dan lunak. 


(Ikan Blob Fish. Foto: Irishtimes)

Seperti dikutip cnet.com, belum lama ini, tim pakar biologi pemerintah Skotlandia menangkap seekor hiu sofa di laut dalam. Hiu yang ditangkap berjenis kelamin betina dengan panjang tubuh mencapai dua meter dan bobot 60 kilogram. 

Walau wajahnya kurang cantik, hiu ini mampu hidup di kedalaman 1890 meter di bawah permukaan laut. Hiu ini terbilang pemalu dan jarang berenang ke permukaan. 

Fakta lain dari hiu ini adalah embrionya bersifat oophagous, yang artinya calon anak hiu ini memakan telur induknya sendiri saat masih berada dalam perut.

Kebiasaan makan yang tidak biasa berlanjut hingga memasuki tahap dewasa. Sebuah studi dari jurnal sains Copeia pada 1992 melaporkan isi perut hiu sofa. 

Selain ditemukan beberapa hewan laut, terdapat pula beberapa "sampah manusia" seperti kentang, buah pir, kantung plastik dan kaleng minuman soda di dalam perut hiu sofa.

Menurut Serikat Internasional Konservasi Alam, total populasi hiu sofa belum diketahui karena sangat jarang menampakkan diri. 


(WIL)