Milan vs Napoli

AC Milan Remuk di Tangan Napoli

Hilman Haris    •    Senin, 05 Oct 2015 03:53 WIB
liga italia
AC Milan Remuk di Tangan Napoli
Napoli mengancurkan Milan dengan kemenangan 4-0 di Stadion San Siro, Senin 5 Oktober (OLIVIER MORIN / AFP)

Metrotvnews.com, Milan: AC Milan dihancurkan Napoli pada pekan ketujuh Liga Italia Serie-A 2015--2016, Senin 5 Oktober. Tak tanggung-tanggung, I Rossoneri kalah dengan skor telak 0-4 pada laga yang dihelat di Stadion San Siro tersebut.

Milan tampil dengan formasi 4-4-2 pada laga ini. Di lini depan, pelatih I Rossoneri, Sinisa Mihajlovic menduetkan Carlos Bacca dengan Luiz Adriano dengan mendapat bantuan dari Giacomo Bonaventura yang diberi tugas sebagai trequartista.

Akan tetapi, bukan Milan yang mencetak gol lebih dulu pada laga ini. Napoli yang mendapat tekanan dari suporter tuan rumah sejak menit pertama sukses membuat para pemain Milan tertunduk lemas usai mencetak gol pada menit ke-13 melalui sepakan Allan.

Blunder bek Milan, Cristian Zapata berandil atas terciptanya gol tersebut. Bola yang gagal disapu Zapata dengan sempurna mendarat di kaki kapten Napoli, Marek Hamsik. Tak pikir lama, Hamsik langsung mengirimkan umpan kepada Lorenzo Insigne dan diteruskan ke Allan yang sudah menunggu di kotak penalti I Rossoneri. Usai melakukan sekali sentuhan, Allan melepaskan sepakan keras yang gagal dihalau kiper lawan, Diego Lopez.

Milan tersentak usai kebobolan. Bacca dkk berusaha meningkatkan daya gedor dengan melakukan kombinasi serangan dari kedua sayap. Nahas, tak ada sepakan-sepakan pemain Milan yang berhasil tepat sasaran. Justru, Napoli yang tampil dengan taktik serangan balik mampu merepotkan pertahanan I Rossoneri yang dikawal oleh kuartet Luca Antonelli, Rodrigo Ely, Zapata, dan Mattia De Sciglio.

Pertandingan sempat memanas ketika memasuki menit ke-43. Ketika itu, Mihajlovic terlihat adu argumen dengan wasit keempat yang berada di pinggir lapangan usai Zapata melakukan pelanggaran kepada Insigne.

Tak lama setelah kejadian itu, suporter Milan yang memadati San Siro sempat terdiam setelah striker Napoli, Gonzalo Higuain nyaris mencetak gol usai mencuri bola dari kaki kapten I Rossoneri, Riccardo Montolivo. Beruntung bagi Milan, sepakan Higuain tak tepat menemui sasaran. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan I Partenopei tak berubah hingga babak pertama rampung. 

Performa I Rossoneri memburuk pada babak kedua. Lini depan tidak tajam, gelandang gagal membendung agresivitas pemain Napoli, dan para pemain bertahan berulang kali melakukan kesalahan yang tidak perlu.

Situasi ini dimanfaatkan Napoli dengan baik. Melalui taktik umpan-umpan pendek, Higuain dkk terlihat bisa memporak-porandakan pertahanan I Rossoneri dengan mudah. 

Serbuan penggawa I Partenopei sudah berbuah gol ketika babak kedua baru berjalan tiga menit. Zapata lagi-lagi menjadi penyebab Milan kebobolan. Lantaran meninggalkan posnya, Napoli jadi mudah melancarkan serangan melalui kombinasi Higuain dan Lorenzo Insigne. Setelah bermain satu-dua dengan Higuain, Insigne akhirnya mampu melepaskan sepakan keras ke dalam gawang. 

Petaka untuk Milan belum berhenti sampai di situ. Pada menit ke-67, gawang I Rossoneri kembali bergetar usai dibobol Insigne melalui tendangan bebas. Lalu, 10 menit kemudian Ely menambah derita Milan lantaran salah mengantisipasi umpan silang Ghoulam sehingga membuat bola bergulir ke gawang sendiri.

Gol keempat Napoli membuat suporter Milan mulai hilang kesabaran. Satu per satu Milanisti yang memadati San Siro terlihat mulai beranjak dari stadion. Sedangkan suporter yang masih betah di stadion mulai mencibir performa Bacca dkk dengan mengeluarkan siulan-siulan.

Beruntung bagi Milan, Napoli mulai mengendurkan serangan usai unggul empat gol. Alhasil, I Rossoneri terhindar dari kekalahan dengan skor yang lebih besar. 


(HIL)