Seorang Nenek di Tegal Mengaku Temukan Beras Sintetis

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 05 Oct 2015 12:40 WIB
beras sintetis
Seorang Nenek di Tegal Mengaku Temukan Beras Sintetis
Pedagang beras di Kota Tegal, Jawa Tengah (ilustrasi). (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Seorang warga Kelurahan Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah mengaku mendapatkan beras palsu. Beras itu diduga telah dioplos dengan beras sintetis.

Ditemui di rumahnya, Suirah, nenek berusia 69 tahun itu, menceritakan pengalamannya mendapat beras palsu. Beras tersebut dibeli dari salah toko beras di Pasar Pagi Kota Tegal. Untuk membeli beras jenis membramo sebanyak 25 kilogram, wanita ini membayar Rp250 ribu.

Sekembalinya dari pasar, Suirah pun membuka karung beras dan berniat memasaknya. Namun, saat akan dimasak, Suirah mencurigai buliran beras. Suirah memukul butiran beras yang diduga beras sintetis itu dengan martil. Setelah dipukul, beras tidak pecah dan berubah menjadi gepeng. 

“Ini beras kok ada kayak potongan-potongan plastik. Terus tak ambilin,” kata Suirah, kepada Metrotvnews.com, Senin (5/10/2015). 

Beredarnya kabar beras plastik membuat sejumlah pedagang sembako di Pasar Pagi Kota Tegal kini was-was. Mereka khawatir ulah segelintir oknum pedagang beras nakal akan membuat omset penjualan beras mereka turun.

“Takut kalau nanti kiriman berasnya ada plastik,” kata Usni, pedagang sembako di Pasar Pagi Kota Tegal.

Para pedagang sembako dan beras berharap instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) serta aparat kepolisian agar segera bergerak cepat menggelar razia terhadap pedagang beras.


(SAN)