5 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

   •    Selasa, 06 Oct 2015 11:44 WIB
kesehatan
5 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok
Duduk terlalu lama dan kurang tidur adalah kebiasaan buruk. (Foto:thebrunettediaries.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak merokok belum tentu membuktikan Anda sehat. Sebuah studi menemukan bahwa ada kebiasan-kebiasan tertentu yang sama bahayanya dengan merokok. Mulai sekarang, perhatikan hal-hal yang Anda kerjakan, karena bisa jadi itu malah pemicu awal kesehatan Anda terancam. Dan berikut beberapa kebiasaan yang dimaksud.

1. Duduk sepanjang hari
Duduk lama termasuk di mobil atau di depan televisi, menurut Cancer Care di Kanada, sudah dikaitkan dengan banyak kasus kesehatan khususnya kanker payudara, usus besar, prostat dan paru-paru. Solusinya adalah saat bekerja di kantor atau di rumah, ambil waktu sejenak untuk berkeliling.

2. Kebanyakan makan daging 
Protein hewani kaya IGF-1, suatu hormon yang meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Studi dari University of Southern California, menemukan bahwa orang yang diet tinggi protein hewani bisa meninggal lebih cepat. Segera ganti sumber protein hewani Anda dengan protein vegetarian.

3. Memasak pakai kompor gas
Kompor gas menawarkan kegiatan memasak lebih cepat dan mudah. Namun, pada kompor tersebut ada dosis tambahan karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formaldehid setiap kali Anda memasak makanan. Jangan panik, ini bisa diatasi apabila dapur Anda memiliki ventilasi udara yang cukup. Sebab, ini akan mencegah Anda menghirup terlalu lama.

4. Pakai minyak yang salah
Minyak sayur terbukti melepaskan partikel aldehida dan hidrokarbon aromatik polisiklik, semua senyawa yang ditemukan dalam asap rokok dan terkait dengan masalah peradangan. Ganti minyak goreng Anda dengan yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

5. Tidak cukup tidur
Kurang tidur memicu tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Salah satu studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari delapan jam, tingkat kematiannya setara dengan para perokok. Jadi, kalau Anda memiliki masalah saat tidur segera konsultasi ke dokter. (Sumarni/ Prevention)



(LOV)