Hari Ini PDIP Serahkan Nama Anggota Pansus Pelindo II

Meilikhah    •    Selasa, 06 Oct 2015 12:23 WIB
pelindo
Hari Ini PDIP Serahkan Nama Anggota Pansus Pelindo II
Anggota DPR RI dari PDIP Masinton Pasaribu (Ant/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Fraksi PDI Perjuangan bergerak cepat untuk menyerahkan nama anggotanya ke Pansus Pelindo II. Sejumlah nama diusulkan beberapa jam setelah usulan pansus disahkan dalam rapat paripurna DPR.

Anggota Komisi III Fraksi PDI P Masinton Pasaribu membenarkan pihaknya sudah mengantongi siapa saja yang akan diusulkan masuk dalam anggota Pansus Pelindo II.

"Nama sudah ada, tinggal diserahkan. Mungkin hari ini," kata Masinton di Komplek Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/10/2015).

Masinton mengatakan, jumlah anggota Pansus Pelindo II sesuai Undang-undang MD3 adalah 30 orang. Jatah kursi anggota pansus dari PDIP diperkirakan sekitar enam orang.

"Dimusyawarahkan lebih dulu di Bamus (Badan Musyawarah) lalu dibagi sesuai proporsi perolehan kursi di DPR," katanya.

Dia menambahkan, Bamus kemudian akan membagi nama-nama yang sudah diserahkan fraksi di DPR sesuai proporsi perolehan kursi masing-masing. Anggota pansus kemudian disahkan dalam paripurna.

Wacana pembentukan Pansus Pelindo II sebelumnya diutarakan Masinton Pasaribu. Pansus dibentuk untuk mengusut dugaan ada permainan dalam pergantian Budi Waseso sebagai Kepala Bareskrim. Sebab, Budi dimutasi menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional setelah menggeledah Kantor PT Pelindo II yang dipimpin Richard Joost Lino.

Ada dugaan pergantian Budi berbau politis. Lantaran itu, Komisi III mengajukan pembentukan pansus buat menelusuri dugaan permainan di Badan Usaha Milik Negara yang mengurusi pelabuhan tersebut.


(TII)