Industri Otomotif

Konsumen Keluhkan Vespa Produksi Vietnam

Ekawan Raharja    •    Selasa, 06 Oct 2015 16:36 WIB
vespa
Konsumen Keluhkan Vespa Produksi Vietnam
Salah seorang penghobi Vespa menuturkan bahwa Vespa Produksi Vietnam lemah quality control. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa waktu lalu, tim Metrotvnews.com mendapatkan kasus permasalahan mengenai Vespa. Permasalahan yang sering menimpa Vespa, nyatanya turut menarik pendapat dari salah seorang penghobi skutik asal Italia tersebut.

Sumber yang tidak ingin disebutkan tersebut mengungkapkan bahwa Vespa memang memiliki banyak kendala. Hal ini juga yang membuat banyak produsen komponen khusus Vespa, membuat komponen yang menutupi kekurangan komponen yang bermasalah.

"Kalau Vespa yang dirakit di Italia itu memang bagus, dibuat dengan tingkat presisi yang tinggi. Namun yang di Vietnam tidak begitu, quality control-nya lemah," jelas salah satu penghobi sekaligus pebengkel yang sudah lama menangani Piaggio dan Vespa di bilangan BSD City, Tangerang Selatan.

Dia memberikan contoh seperti kabel kelistrikan dari Vespa. Jika di Italia kabel tersusun dengan rapi dan warnanya sudah ditentukan, maka tidak dengan Vespa produksi Vietnam. Kemudian komponen CVT yang banyak dikeluhkan para konsumennya pun menjadi sorotan tersendiri.

Namun sang sumber ini mengatakan bahwa tidak semua komponen di Vespa buatan Vietnam buruk. "Tidak semuanya buruk kok, tetap ada yang bagus dan masih tetap menyenangkan untuk dikendarai," tutup sang sumber.

Saat ini beberapa produk Vespa yang ada di Indonesia merupakan hasil rakitan pabrik Piaggio yang ada di Vietnam. Sebut saja LXV 150, S 150, Sprint dan Primavera. 


(UDA)