Peredaran Uang Palsu di Cirebon Meningkat

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 06 Oct 2015 22:39 WIB
uang palsu
Peredaran Uang Palsu di Cirebon Meningkat
Ilustrasi pengungkapan uang palsu. Foto: Antara/Seno

Metrotvnews.com, Cirebon: Jumlah peredaran uang palsu di Wilayah III Cirebon (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Kuningan) meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Hingga akhir September, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Cirebon sudah mengamankan uang palsu sebesar Rp600 juta. Jumlah tersebut meningkat tajam dibandingkan pada bulan yang sama pada 2014 sebesar Rp400 juta.

“Totalnya Rp667.572.000 upal yang sudah kita amankan. Kebanyakan upal tersebut kita dapat dari transaksi yang dilakukan di Bank,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Abdul Majid Ikram, Selasa (6/10/2015).

Menurut Majid, perkembangan ekonomi yang cukup pesat di wilayah III Cirebon menjadi salah satu magnet bagi para pelaku kejahatan uang palsu untuk melakukan aksinya. Dirinya berharap masyarakat selalu waspada ketika menggunakan atau mendapatkan uang dalam jumlah banyak. Masyarakat diimbau melakukan aksi 3D (dilihat, diraba dan diterawang) untuk mengurangi peredaran uang palsu.

“Kami mengajak masyarakat yang akan melakukan transaksi dalam jumlah besar menggunakan transaksi nontunai sehingga lebih aman,” kata Majid.


(UWA)