Misteri 420 Hp di Balik Konsep Toyota Yaris Hybrid-R

   •    Rabu, 28 Aug 2013 16:00 WIB
Misteri 420 Hp di Balik Konsep Toyota Yaris Hybrid-R
Toyota

Metrotvnews.com: Setelah merilis gambar konsep Yaris Hybrid-R, kini giliran Toyota mengungkapkan apa yang ada di balik 'Hothatch' berkemampuan 4WD dan 420 tenaga kuda itu.

Toyota mengatakan super capacitor memiliki kepadatan energi lebih tinggi ketimbang baterai NiMH dengan pengisian dan pelepasan energi lebih cepat sehingga pas untuk memenuhi kebutuhan daya instan pada mobil balap TS030 Hybrid LMP1.

Sistem inilah yang juga diterapkan pada Yaris Hybrid-R yang oleh Toyota difokuskan sebagai Hothatch.

Daya listrik super capacitor salah satunya dipasok oleh sistem pengereman regeneratif yang dihasilkan oleh dua motor listrik yang masing-masing berdaya 60 tenaga kuda dan dipasang di roda belakang.

Sistem hybrid ini bukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, melainkan untuk meningkatkan performa dan akselerasi. Motor listrik tersebut bertugas membantu mesin 'Global Race Engine' empat silinder 1.6 liter turbo 300 tenaga kuda.

Daya mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi 6-speed sequential gearbox. Dengan motor listrik di masing-masing roda belakang, Toyota telah mengembangkan sebuah sistem 4WD yang bisa membagi torsi, meningkatkan kemampuan menikung dan handling.

"Tergantung seberapa besar radius tikungan, sistem ini dapat menyalurkan torsi tambahan ke roda belakang di luar tikungan yang memungkinkan untuk menambah kecepatan ke arah tengah tikungan dan lebih memberikan daya pengereman di bagian roda dalam."

"Bahkan saat mengerem dan berakselerasi setiap roda secara mandiri menyesuaikan efek yaw untuk arah yang lebih baik, serta membatasi sudut kemudi dan understeer," papar Toyota.

Yaris Hyibrid-R memiliki dua mode pengendaraan yaitu untuk jalan raya dan sirkuit balap. Pada mode jalan raya, super capacitor memasok daya tambahan pada motor listrik dalam durasi 10 detik sebatas 40 tenaga kuda.

Kedua motor listrik tersebut baru akan mengerahkan seluruh kemampuan 120 tenaga kudanya selama 5 detik pada mode balap sehingga memberikan daya dorong tambahan secara spontan saat dibutuhkan.

Yaris Hybrid-R memiliki motor 60 tenaga kuda ketiga di antara mesin dan transmisi yang berfungsi sebagai generator pembangkit daya listrik ke super capacitor ketika melakukan deselerasi, sekaligus bertindak sebagai perangkat pengendali traksi.

Pada fungsi terakhir, motor-generator tersebut menyalurkan listrik langsung ke motor-motor listrik di roda belakang ketika tenaga dan torsi mesin terlalu melimpah di roda depan dan mengganggu kestabilan kendaraan.

Kelebihan torsi tadi kemudian diubah menjadi energi listrik oleh motor-generator dan diberikan kepada motor listrik di roda-roda belakang.

Seluruh penjelasan yang dipaparkan oleh Toyota tadi juga akan diungkapkan di Frankfurt Motor Show 2013 bersamaan dengan ditampilkannya Yaris Hybrid-R itu di depan publik di Jerman.